Sukses

Surat Bebas Gangguan Jiwa Jadi Syarat Ikut Tes CPNS Kementan

Lowongan dibuka untuk pelamar dengan minimal memiliki ijazah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Peternakan atau Pertanian.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pertanian membuka lowongan bagi putra-putri terbaik bangsa untuk ditempatkan di Kantor Pusat Unit Pelaksana Teknik (UPT) lingkup kementerian di seluruh Indonesia.

Melalui pengumuman yang diterbitkan di deptan.co.id seperti dikutip Senin (25/8/2014), lowongan dibuka untuk pelamar dengan minimal memiliki ijazah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Peternakan atau Pertanian.

"Memiliki ijazah dari perguruan negeri atau swasta. Untuk ijazah perguruan tinggi swasta program terakreditasi minimal B. Apabila dalam ijazah tersebut tidak disebutkan akreditasi B, maka pada saatnya wajib melampirkan Surat Keputusan BAN PT, dan pada saat lulus masih berlaku," sambung pengumuman tersebut.

Ketentuan lain yang mesti dipenuhi oleh peserta seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) ialah dalam kondisi kejiwaan yang sehat dengan dibuktikan surat keterangan kesehatan kejiwaan dari dokter psikiatri di Rumah Sakit (RS) pemerintah.

"Surat ini diserahkan pada saat Tes Kompetensi Bidang," tulis pengumuman tersebut.

Syarat utama lainnya yang mesti dipenuhi oleh pelamar sebagai berikut:

1. Berusia paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 35 tahun pada 1 Januari 2015.
2. Memiliki sertifikat TOEFL minimal 400.
3. Tidak menjadi anggota dan atau pengurus partai politik.
4. Bersedian ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia.

Lebih lanjut, proses registrasi akan akan diproses secara online melalui situs resmi panselnas.menpan.go.id. Pendafataran akan dimulai pada 20 Agustus sampai 3 September 2014.

Proses registrasi lamaran secara online melalui website resmi Panselnas yang ditentukan merupakan tahapan paling penting. Proses ini dilakukan sepenuhnya oleh pelamar. Untuk mengurangi kesalahan, pelamar diimbau untuk mempersiapkan dengan baik seluruh data dan dokumen yang diperlukan. (Amd/Ndw)

 

*Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini