Sukses

Harga BBM Subsidi Idealnya Naik Maret atau April

Konsumsi bahan bakar minyak (BBM) subsidi terus meningkat sejalan dengan bertambahnya jumlah kendaraan bermotor.

Liputan6.com, Jakarta - Konsumsi bahan bakar minyak (BBM) subsidi terus meningkat sejalan dengan bertambahnya jumlah kendaraan bermotor di Tanah Air.

"Kendaraan mobil maupun motor juga meningkat. Hal itu menyebabkan impor BBM subsidi meningkat," kata  Ekonom Global Market Permata Bank Josua Pardede, Jakarta, Selasa (26/8/2014).

Dia menerangkan, pemerintah terpilih memiliki skema untuk menaikkan harga guna memangkas besaran subsidi tersebut. Salah satunya dengan memangkas besaran subsidi secara bertahap.

"Menaikkan secara bertahap BBM subsidi supaya dampaknya lebih soft," terangnya.

Namun demikian, terangnya, efek dari pemangkasan tersebut tidak lepas dari dampak inflasi meski terasa tidak terlalu mencolok.

Untuk merealisasikan langkah tersebut, lanjut Joshua, diperlukan sebuah momen yang tepat. Dia mengatakan, untuk langkah itu cocoknya dilakukan pada kisaran bulan Maret dan April.

"Antara Maret April karena hari panen raya. Harga pangan turun. Hal itu jadi momentum terbaik untuk menaikkan harga BBM sehingga dampaknya tidak terlalu besar," kata dia.

Dia menerangkan, dengan begitu inflasi akan terjaga sampai 5 persen sampai akhir tahun dengan syarat permintaan dan persediaan komoditas masih terjaga. (Amd/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.