Sukses

Harga Emas Berkilau Kembali

Penguatan dolar membuat komoditas yang diperdagangkan dalam dolar menjadi lebih mahal untuk pemegang mata uang lainnya.

Liputan6.com, New York - Harga emas dunia naik pada perdagangan Rabu (27/8/2014) ini, didorong penguatan dolar yang sedikit mereda dan membuat investor kembali menggantungkan diri pada stimulus Eropa dan penguatan ekonomi AS yang ditopang laporan data yang membaik.

Harga emas di pasar spot emas mencapai level tinggi US$ 1.290,80 per ounce pada awal perdagangan. Kontrak kemudian naik 0,6 persen menjadi US$ 1.283,57 per ounce, melansir laman Reuters.

Sementara harga emas berjangka untuk kontrak Desember ditutup naik US$ 6,30 atau 0,5 persen menjadi US$ 1.285,20 per ounce.

Penguatan dolar membuat komoditas yang diperdagangkan dalam dolar menjadi lebih mahal untuk pemegang mata uang lainnya.

"Rally dolar telah mulai terkikis, itu telah membantu emas keluar sedikit," kata Stephen Platt, Analis pialang berjangka Archer Financial Services.

Kekhawatiran atas risiko geopolitik karena ketegangan antara Rusia dan Ukraina, serta kekerasan di Timur Tengah ikut mendukung. Sebab emas biasanya dilihat sebagai asuransi terhadap risiko keuangan dan politik. (Nrm)


*Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.