Sukses

Pemerintah Jamin 3 Hari Lagi Tidak Ada Antrean BBM

jaminan tidak adanya antrean BBM itu sudah menjadi keputusan rapat terkait BBM bersubsidi yang dipimpin Wakil Presiden Boediono.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah menegaskan stok Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi saat ini dalam kondisi mencukupi. Bahkan dipastikan dalam waktu kurang dari tiga hari tidak akan ada lagi antrean panjang masyarakat untuk membeli BBM bersubsidi di stasiun pengisian bahan bakar untuk umum (SPBU).

"Dalam waktu kurang dari tiga hari tidak boleh lagi ada antrean yang tidak perlu," tegas Menko Perekonomian Chairul Tanjung mengutip laman Sekretariat Kabinet di Dili, Timor Leste, Rabu (27/8/2014).

CT, panggilan akrab Chairul Tanjung yang sedang berada di Dili mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melakukan kunjungan kenegaraan itu menegaskan, jaminan tidak adanya antrean BBM itu sudah menjadi keputusan rapat terkait BBM bersubsidi yang dipimpin Wakil Presiden Boediono di Jakarta, Selasa (27/8/2014) siang.

CT mengakui, terjadinya antrean di daerah tersebut dampak dari kebijakan yang bersifat lokal yang dilakukan Pertamina daerah tertentu guna melakukan pembatasan untuk penghematan.

"Ini bukan merupakan kebijakan pemerintah secara umum," tutur dia.

Menurut Menko Perekonmian,  pemerintah akan mengambil langkah-langkah yang dianggap perlu. CT mengaku dirinya telah berkoordinasi dengan Menteri ESDM dan Pertamina terkait hal ini.

“Masalah antrean tersebut karena masalah distribusi pasokan BBM bersubsidi. Untuk itu pasokan BBM bersubsidi akan diperlancar mengingat stok BBM mencukupi,” ujar CT.

Dalam APBN-P 2014, kuota BBM bersubsidi diturunkan dari 48 juta kilo liter menjadi 46 juta kilo liter. Untuk itulah pemerintah perlu melakukan langkah-langkah penghematan BBM Bersubsidi.

Namun ia menegaskan, langkah penghematan tersebut dilakukan tanpa harus membuat antrean yang tidak perlu, diantaranya dengan tidak menjual BBM bersubsidi di Jakarta Pusat, di jalan tol dan juga selepas jam 18.00 WIB. (Nrm)


*Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.