Sukses

Kemenristek Buka 65 Formasi CPNS

Ketua Panitia CPNS Kemenristek, Hari Purwanto mengatakan, lowongan tersebut dibuka bagi masyarakat yang berusia minimal 18 tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) membuka lowongan peluang untuk warga negara Indonesia yang ingin menjadi bagian dari pegawai negeri sipil (PNS) di kementerian tersebut. Sebanyak 65 formasi tersedia untuk jenjang pendidikan Diploma III hingga Sarjana (S1) dengan beberapa kriteria jurusan.

Dikutip melalui ristek.go.id, Rabu (27/8/2014), Ketua Panitia CPNS Kemenristek, Hari Purwanto mengatakan, lowongan tersebut dibuka bagi masyarakat yang berusia minimal 18 tahun. Selain itu, bagi lulusan DIII, maksimal berusia 27 tahun pada tanggal 1 Desember 2014.

"30 tahun pada tanggal 1 Desember 2014 untuk tingkat sarjana," sambung dia.

Dia menerangkan, untuk lulusan perguruan tinggi negeri atau perguruan tinggi swasta dalam negeri mesti mendapat akreditasi minimal B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.

Sedangkan untuk lulusan perguruan tinggi luar negeri, kata dia mesti mendapat penyetaraan dari Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi pada saat tanggal kelulusan.

"Indeks Prestasi Komulatif (IPK) sekurang-kurangnya 2,75 dari skala 4," kata dia.

Untuk tata cara pendaftara, Hari mengatakan pelamar mesti mendaftar secara online terlebih dahulu melalui situs Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) di panselnas.menpan.go.id untuk memperoleh user name dan password.

Kemudian pelamar melakukan registrasi ke sccn.bkn.go.id dengan menggunakan username dan password tersebut guna memperoleh kartu registrasi. Pendaftaran online ini dibuka mulai tanggal 25 Agustus 2014 sampai dengan 8 September 2014.

Setelah mendapat kartu registasi, peserta mesti menyiapkan berkas-berkas yang telah ditentukan meliputi:

  1. Surat lamaran yang ditulis tangan sendiri
  2. Hasil cetakan kartu registrasi yang sudah ditandatangani
  3. Daftar riwayat hidup
  4. Fotocopy ijazah dan transkip nilai yang telah dilegalisir pejabat berwenang
  5. Surat keterangan akreditasi untuk ijazah yang tidak mencantumkan keterangan akreditasi
  6. Foto bewarna ukuran  4x6 dan 3x4 masing-masing  dua lembar
  7. Fotocopy KTP
  8. Surat pernyataan ganti rugi yang dibuat menurut contoh

"Berkas lamaran diterima oleh Panitia Pengadaan CPNS paling lambat 10 September 2014," pungkas Hari. (Amd/Gdn)


*Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.