Sukses

4 Cara Tuntaskan Pekerjaan Tanpa Masalah

Konflik antar rekan kerja memang sulit dihentikan tapi bukan tidak mungkin untuk dihindari.

Liputan6.com, New York - Konflik antar rekan kerja memang sulit dihentikan tapi bukan tidak mungkin untuk dihindari. Biasanya permasalahan dengan rekan kerja dipicu adanya benturan antara ego pribadi dan keinginan untuk menuntaskan berbagai pekerjaan tanpa bantuan orang lain.

Mengutip laman boldsky, Kamis (28/8/2014), bersikap positif dapat menghindarkan Anda dari konflik antar pegawai. Meski memang ego pribadi seringkali mendorong Anda untuk menuntaskan berbagai pekerjaan sendirian.

Hati-hati, perilaku tersebut dapat membuat Anda tak disukai teman-teman di kantor. Tak usah khawatir, Anda masih bisa mengubahnya.

Berikut empat cara menuntaskan pekerjaan tanpa harus berselisih paham dengan rekan kerja:

1. Melibatkan orang lain saat bekerja

Demi membantu menuntaskan pekerjaan di kantor, jangan pernah sungkan meminta bantuan rekan kerja lain. Saat membuat rencana kerja, analisa juga rekan kerja yang bisa dilibatkan di dalamnya.

Ceritakan rencana Anda dan lihat apakah rekan kerja tersebut memiliki pola pikir serupa. Ini dapat membuat hubungan dengan rekan kerja tetap awet dan rekan di kantor merasa gembira.

2. Bersikap rendah hati

Cobalah untuk tidak selalu bersikap seperti bos pada rekan kerja lain. Apalagi hingga membuat rekan kerja merasa selalu diatur.

Jika ada pekerjaan yang belum selesai, coba pahami mengapa mereka sulit menuntaskannya dan apa yang bisa Anda bantu. Tapi bukan berarti Anda menuntaskan pekerjaannya, pastikan Anda juga memberikan pengarahan terkait pekerjaannya.

3. Disiplin

Bersikap disiplin dapat membantu Anda menyelesaikan pekerjaan dengan cepat. Biarlah orang lain memahami pentingnya tugas-tugas yang ada. Soal disiplin, Anda hanya perlu memberikan contoh. Bersikap berlebihan justru membuat para karyawan kehilangan rasa hormatnya pada Anda.

4. Bersikap ramah

Bersikap baik dan ramah di tempat kerja merupakan komponen yang sangat penting. Anda dituntut memiliki hubungan yang baik dengan siapapun dalam tim kerja dan dengan pegawai lain di kantor. 

Berbicara dan berdiskusi dengan para pegawai membuat Anda terlihat ramah. Akibatnya para pegawai merasa diakui dan akan lebih semangat bekerja. (Sis/Ndw)

*Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini