Sukses

JK Janji Hidupkan Lagi Program 1.000 Tower

Upaya merealisasikan program 1.000 tower, JK akan melibatkan semua pihak terkait baik dari pemerintah, BUMN maupun swasta.

Liputan6.com, Jakarta - Upaya mengatasi kebutuhan hunian yang tinggi terutama di wilayah perkotaan, Wakil Presiden Terpilih Jusuf Kalla berjanji akan kembali menghidupkan program 1.000 rumah susun (rusun) atau program 1.000 tower yang pernah dicanangkan ketika menjabat sebagai wakil presiden periode 2004-2009.

"Akan berjalan walaupun tersendat-sendat. (Yang penting) bukan program seribu tower-nya, tetapi rakyat kecil harus dibangunkan perumahan yang layak, salah satunya di perkotaan itu rumah susun dalam bentuk tower," ujar dia di Jakarta, Kamis (28/8/2014).

Mengenai lokasi dan harga yang akan dipatok untuk rusun ini, JK mengungkapkan hal tersebut perlu dibahas secara lebih mendalam. Namun yang terpenting kebutuhan hunian bagi masyarakat dapat terpenuhi.

"(Harganya) nanti lah, itu kan teknis. Pemerintah harus bangun rumah untuk rakyat kecil yang tidak mampu dan dibangunkan pemerintah dan dicicil, salah satunya ialah rumah susun," tutur dia.

Dan untuk merealisasikan program ini, JK akan melibatkan semua pihak terkait baik dari pemerintah, BUMN maupun swasta sehingga program ini bisa dengan cepat terwujud.

"Perumnas, pengusaha swasta itu semua terlibat, karena kan ada kewajiban-kewajiban. Kan ini di Jakarta, itu harus ke atas. Untuk kota-kota besar harus ke atas karena lahan terbatas. Kalau untuk daerah pedesaan bisa saja rumah petak, tapi kalau di Jakarta tanah lebih mahal dari pada rumahnya," tandas dia.(Dny/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.