Sukses

Pipa Pertamina Terbakar, Bagaimana Pasokan Solar ke Jakarta?

PT Pertamina mengandalkan jalur pipa ke-2 untuk mengoptimalkan penyaluran solar ke Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Kebocoran pipa pengangkut solar di jalur trunk line Mandalawangi, kecamatan Sukasari, Subang, Jawa Barat mengakibatkan kebakaran. Padahal pipa itu mengalirkan solar dari kilang Balongan ke Jakarta. Melihat kondisi itu, bagaimana pasokan solar ke Jakarta?

Assistant Manager External Relation Marketing Operation Region 3 Pertamina, Milla Suciyani mengatakan, pasokan Bahan Bakar Minya (BBM) jenis solar ke Jakarta tidak terganggu meski pipa distribusinya terbakar.

"Alhamdulillah, pasokan BBM solar untuk wilayah DKI Jakarta dan aman karena jalur pipa ke-2 bisa dioptimalkan untuk menyalurkan solar ke Jakarta," kata Milla, di Jakarta, Kamis (28/8/2014).

Selain mengandalkan jalur pipa ke-2, saat ini Pertamina sedang menyiapkan langkah-langkah alternatif agar pasokan solar tidak mengalami gangguan ke Jakarta.

"Di antaranya pengangkutan solar dengan menggunakan tanker untuk memasok solar dari Balongan menuju Terminal BBM Plumpang," ungkapnya.

Menurut Milla, Pertamina terus melakukan perbaikan, dengan segera sehingga pipa tersebut dapat beroperasi kembali untuk menyalurkan BBM jenis solar dari kilang Balongan ke Jakarta. Perbaikan tersebut diperkirakan memakan waktu maksimal 2 hari.

"Pada saat yang sama, Pertamina terus mengupayakan perbaikan," pungkasnya.

Adapun kebakaran terjadi pada pukul 05.30 WIB dan berhasil dipadamkan pada pukul 08.55 WIB.  Saat ini Pertamina fokus menangani korban dan juga melakukan pendataan terhadap dampak yang dialami masyarakat akibat peristiwa ini. (Pew/Ahm)

 

*Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini