Sukses

Bos Panasonic Beberkan Resep China Sukses Majukan Industrinya

China terus memacu ekspor produk jadi maupun komponen ke berbagai negara, termasuk Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Pengusaha sukses, Rachmat Gobel membeberkan resep bagaimana China bisa menjadi negara industri dan sukses memacu pertumbuhan ekonomi hingga level dua digit.

Bahkan China terus memacu ekspor produk jadi maupun komponen ke berbagai negara, termasuk Indonesia.

Presiden Direktur PT Gobel Internasional itu menceritakan keberhasilan Chinabermula dari masuknya negara tersebut dalam Organisasi Perdagangan Dunia (World Trade Organization/WTO).

Sejak saat itu, negeri Tirai Bambu ini mendorong pertumbuhan ekonomi berbasis investasi.

"Pertumbuhan industri di Tiongkok berkembang pesat. Mereka membuka kesempatan seluas-luasnya kepada investor yang ingin menanamkan modalnya tanpa melupakan pembangunan infrastruktur," jelas dia di acara Indonesia Banking Expo di Jakarta, Kamis (28/8/2014).

Pemerintah China, kata Rachmat, sibuk membenahi infrastruktur berupa jalan, jembatan dan asrama bagi para pekerja di berbagai daerahnya. Tujuan membuka investasi dan membangun infrastruktur bukan lain ingin mencuri teknologinya.

"Mereka mau ambil teknologi, makanya bangun infrastruktur. Jadi Tiongkok bisa buat pabrik yang sama persis di luar daerah dan menyerap tenaga kerja. Makanya dalam lima tahun, pertumbuhan industrinya cepat," terang dia.

Selain itu, dirinya mengaku, China tak memberi kebijakan kenaikan gaji kepada karyawannya dalam kurun waktu cukup lama. "Tapi nggak ada ribut-ribut di sana," ucap Rachmat.

Hasilnya, dia bilang, kini industri dari China patut diperhitungkan di kancah dunia. Bahkan industri rumah tangganya mampu memproduksi ponsel dengan harga terjangkau tapi mirip dengan ponsel mahal sekelas pabrikan besar asal negara lain."Bisa produksi iPhone, karena dia punya cara mengkopinya," paparnya. (Fik/Nrm)

 

*Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini