Sukses

4 Kota Indonesia Jadi Target Ekspor Selandia Baru

Selandia Baru ternyata sudah membidik empat kota besar di Indonesia sebagai sasaran ekspornya

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka kerjasama perdagangan dengan Indonesia, Selandia Baru ternyata sudah membidik empat kota besar di Indonesia sebagai sasaran ekspornya.

Misi perdagangan tersebut digelar Export NZ dan NZ ASEAN Business Council yang memperoleh dukungan kuat dari para pengusaha di Indonesia.

Mengutip laman Business Scoop, Jumat (29/8/2014), keempat kota yang kini menjadi incaran Selandia Baru adalah Makasar, Surabaya, Bandung dan Jakarta.

Keempat kota tersebut memang memiliki populasi penduduk dalam jumlah besar mulai dari 1,5 juta jiwa di Makasar hingga 10 juta jiwa di Jakarta.

Sekitar 28 delegasi perdagangan dari Selandia Baru juga tengah mengunjungi keempat kota tersebut dalam beberapa hari ke depan.

"Kami melihat gerbang perdagangan bagi Selandia Baru yang begitu terbuka di Indonesia. Kami melihat banyak kehangatan dan kesediaan dari para pengusaha," ungkap Kepala Export NZ Ken Stevens.

Dia menjelaskan, sejak tahun lalu pihaknya menemukan bahwa berbisnis di Indonesia ternyata cukup sederhana. Tak hanya itu, dirinya juga melihat animo yang cukup besar dari para pengusaha Indonesia untuk menjalin kerjasama dengan para pengusaha Selandia Baru.

"Indonesia sangat tertarik menjalin sejumlah transaksi bisnis yang dapat membantunya mengakses berbagai teknologi canggih Selandia Baru, termasuk penanganan makanan dan teknologi pengolahannya," tutur Stevens.

Perjanjian perdagangan bebas ASEAN memang memungkinkan Selandia Baru untuk menikmati keuntungan berbisnis dengan sejumlah rekan di kawasan terebut. Saat ini, pemerintah Selandia Baru tengah berupaya meningkatkan kebijakan perdagangan kedua negara.(Sis/Nrm)

 

*Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.