Sukses

Patek Philippe Ref. 1527, Jam Tangan yang Kecantikannya Abadi

Jam tangan memang menjadi aksesoris sejuta umat mengingat pengguna dan harganya yang sangat bervariasi

Liputan6.com, Jenewa - Jam tangan memang menjadi aksesoris sejuta umat mengingat penggunanya yang sangat bervariasi mulai dari rakyat jelata hingga masyarakat berduit. Tapi tak semua orang bisa mengenakan Patek Philippe 1943 Ref. 1527, salah satu jam tangan yang termahal di dunia.

Dengan harga sebesar US$ 5 juta atau Rp 58,45 miliar, jam tangan termahal yang pernah diproduksi perusahaan Patek Philippe (kurs: Rp 11.690/US$). Meski harganya selangit, jam tangan ini berhasil terjual di sebuah rumah lelang di Jenewa, Swiss pada 2010.

Jam tangan tersebut memang bukan aksesoris biasa mengingat emas seberat 18 karat menjadi bagian materi pembuatannya. Di era itu, produksi Patek Philippe tersebut memang berukuran lebih besar daripada jam tangan pada umumnya.

Bagaimana penampakan salah satu jam termahal di dunia tersebut? Berikut ulasan mengenai Patek Philippe 1943 Ref. 1527 seperti dikutip dari The Richest, complex.com, christies.com, dan sejumlah sumber lainnya, Jumat (29/8/2014):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tercipta pada 1943, Dikira akan Jadi Jam Biasa

Tercipta pada 1943, Dikira akan Jadi Jam Biasa

Jam tangan Patek Philippe Reference 1527 dibuat pada 1943. Awalnya, jam tangan ini dianggap sebagai rancangan yang tidak rumit bagi keluarga Stern, pemilik Patek Philippe.

Aksesoris penunjuk waktu ini memiliki tampilan bulat dan kurva dengan kontur baik di sekitar pergelangan tangan. Jam tangan ini jelas bukan aksesoris biasa mengingat materi pembuatnya adalah emas sebesar 18 karat.

Terdapat juga 23 batu permata yang bertabur menjadi bagian dari jam tangan super mahal ini. Kelebihan jam tangan ini juga terletak pada keseimbangan bimetal, kalender abadi, dan menerapkan perhitungan angka Arab berwarna emas.

 

3 dari 4 halaman

Jam Tangan Unik Dibuat dalam Setahun

Jam Tangan Unik Dibuat dalam Setahun

Jam tangan tersebut mulai diproduksi pada 1943 dan baru selesai setahun kemudian. Uniknya, jam tangan tersebut merupakan produk yang diciptakan selama Perang Dunia II.

Bagi para kolektor jam tangan, aksesoris yang satu ini sudah tampak seperti mesin waktu dengan sistem pertanggalan yang lengkap dan kalender alami di dalamnya. Secara keseluruhan, desain ini tak akan pernah kuno di makan perkembangan zaman.

Jam tangan ini akan tetap tampak elegan bahkan 70 tahun setelah dibuat. Dengan kata lain, jam tangan produksi Patek Philippe ini memiliki kecantikan dan kemewahan abadi.

 

4 dari 4 halaman

Dibeli Sebuah Museum di Swiss

Dibeli Sebuah Museum di Swiss

Harga sebesar US$ 5 juta atau Rp 58,45 miliar tak mengurungkan minat para pembeli untuk memiliki jam tangan Patek Phillipe referensi 1527. Jam tangan ini berhasil terjual di rumah lelang Christie, Jenewa, Swiss pada 2010.

Sebuah museum di Swiss memenangkan penawaran terbesar atas jam tangan klasik yang menunjukkan tampilan ala bulan di langit pada perputarannya. Sementara itu indikator tanggal dan tanda menit dirancang seperti jalur kereta api.

Jam tangan ini juga tercatat memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan kebanyakan jam tangan di era penciptaannya. (Sis/Ahm)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.