Sukses

Indeks S&P Cetak Level Tertinggi Sejak Februari

Indeks saham S&P yang tinggi dipicu laporan ekonomi menunjukkan kepercayaan konsumen secara tak terduga naik pada bulan Agustus.

Liputan6.com, New York - Bursa saham Amerika Serikat (AS) ditutup naik  ke level tertinggi dalam sebulan sejak Februari pada Sabtu (Jumat) ini, di tengah membaiknya data ekonomi dan spkeluasi Bank Sentral AS akan terus memacu pertumbuhan di negaranya.

Indeks saham Standard & Poor 500 naik 0,3 persen ke rekor 2.003,37 pada pukul 16:00 waktu New York. Indeks melonjak 3,8 persen bulan ini, yang merupakan kinerja terbaik Agustus sejak tahun 2000.

Ini dipicu laporan ekonomi menunjukkan kepercayaan konsumen secara tak terduga naik pada bulan Agustus, sementara belanja konsumen turun pada bulan Juli untuk pertama kalinya dalam enam bulan.

Di sisi lain, inflasi di kawasan Euro melambat ke tingkat terendah sejak 2009, meningkatkan tekanan pada Bank Sentral Eropa untuk menambah stimulus. Pasar ekuitas Amerika akan ditutup pada 1 September untuk liburan Hari Buruh.

Saat AS akan merayakan liburan Hari Buruh liburan di  akhir pekan, pasar saham telah mengalami perdagangan paling lambat dalam setidaknya enam tahun. Volume diperdagangkan di bawah 5 miliar saham dalam delapan hari terakhir, ini menjadi yang terpanjang berdasarkan data yang dikumpulkan Bloomberg sejak 2008.

"Kurangnya Investor dari paparan ekuitas masih mendorong pasar lebih tinggi, bersama dengan valuasi yang tidak meregang," ujar Paul Atkinson, Kepala Ekuitas Aberdeen Asset Management Plc di Philadelphia, mengutip Bloomberg.

Indeks Dow Jones Industrial Average naik 18,88 poin, atau 0,1 persen menjadi 17.098,45. Nasdaq Composite Index naik 0,5 persen menjadi 4.580,27.

Pembelian rumah tangga AS menurun 0,1 persen setelah meningkat 0,4 persen pada bulan Juni, menurut data Departemen Perdagangan.

Tak satu pun dari 79 ekonom dalam survei Bloomberg memproyeksikan penurunan. Pendapatan naik 0,2 persen, kemajuan bulanan terkecil tahun ini.

Saham perusahaan yang naik diantaranya, Avago Technologies Ltd (Avgo), pemasok perangkat semikonduktor, naik 7,5 persen menjadi US$ 82,09 dan menjadi kenaikan terbesar pada indeks S&P 500 setelah melaporkan laba yang melampaui estimasi.

Namun adapula yang turun seperti saham Pacific Sunwear of California Inc, perusahaan ritel pakaian, turun 9,6 persen menjadi US$ 2,08 setelah memproyeksikan kerugian pada kuartal ketiga yang lebih dalam dari perkiraan analis.(Nrm)


*Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya  di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.