Sukses

Survei: RI Jadi Negara ASEAN Paling Memikat Investor AS

Pesona bisnis di Indonesia ternyata masih sangat mengggoda dan mampu memikat banyak investor asing.

Liputan6.com, Washington - Pesona bisnis di Indonesia ternyata masih sangat mengggoda dan mampu memikat banyak investor asing. Bahkan Indonesia mampu menjadi target ekspansi bisnis paling populer bagi para investor asal Amerika Serikat (AS).

Seperti dikutip Liputan6.com dari laporan 2015 ASEAN Business Outlook Survey, Sabtu (30/8/2014), Indonesia menempati peringkat teratas sebagai target lokasi para pengusaha AS untuk memperluas bisnisnya di kawasan ASEAN. Sebanyak 41 pengusaha asal AS mengaku jatuh hati pada pesona bisnis Indonesia.

Sementara itu, Vietnam dan Malaysia masing-masing berada di posisi kedua (37 persen) dan ketiga (35 persen).

Tiga alasan utama mengapa para pengusaha menganggap Indonesia sebagai pasar bisnis yang menarik adalah diversifikasi basis konsumen yang luas, tersedianya tenaga kerja terlatih dan biaya produksi yang masih terjangkau.

Sebanyak 57 persen responden memprediksi jumlah tenaga kerja di Indonesia akan meningkat sepanjang 2014. Sementara proyeksi laba bisnis di Tanah Air juga dapat meningkat sebesar 62 persen tahun ini dan kembali naik hingga 88 persen pada 2015.

Dengan berbisnis di Indonesia, sebanyak 83 persen pengusaha asal AS mengaku mengalami peningkatan di sektor perdagangan dan investasi. Apalagi melihat lebih dari 81 persen investor mengaku tak mengalami kendala selama berbisnis di Tanah Air.

Tak hanya itu, sebanyak 91 persen ekspatriat asal AS mengaku puas dengan seluruh tugasnya di Tanah Air. Bahkan 62 persen pegawai perusahaan AS mencoba memperpanjang masa kerjanya di Tanah Air.

Sekadar informasi, survei bertajuk `The 2015 ASEAN Business Outlook Survey` ini melibatkan 588 pejabat senior dan investor sejumlah perusahaan AS yang berbisnis di 10 negara ASEAN. Kesepuluh negara ASEAN yang dilibatkan dalam survei tersebut adalah Indonesia, Malaysia, Vietnam, Filipina, Thailand, Laos, Myanmar, Kamboja, Brunei dan Singapura. (Sis/Nrm)

 

*Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • ASEAN (Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara) adalah organisasi kawasan yang mewadahi kerja sama 10 negara di Asia Tenggara.
    ASEAN (Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara) adalah organisasi kawasan yang mewadahi kerja sama 10 negara di Asia Tenggara.

    Negara ASEAN

  • salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.
    salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.

    Indonesia

  • Investor

  • as

Video Terkini