Sukses

XL Axiata Lepas 2,7% Saham Treasury

PT XL Axiata Tbk menjual 2,7 persen saham treasury dengan harga penawaran saham Rp 5.708 per saham.

Liputan6.com, Jakarta - PT XL Axiata Tbk (EXCL) melepas kepemilikan saham treasury (hasil pembelian kembali saham) sebesar 231,11 juta lembar saham. Jumlah saham yang dilepas itu mewakili 2,7 persen dari total kepemilikan yang dimiliki perseroan hingga 29 Agustus 2014.

Mengutip  keterangan yang diterbitkan ke Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (1/9/2014), penjualan saham treasury ini dilakukan oleh perseroan untuk memperkuat posisi keuangan perusahaan.

Penjualan saham dilakukan di pasar terbuka baik kepada investor lokal dan investor asing dengan penawaran harga saham sesuai rata-rata harga pasar yakni Rp 5.708 per saham. Nilai itu merupakan nilai di atas harga minimum Rp 5.280 per saham.

"Kami berharap melakui aksi pelepasan saham treasury ini akan dapat mendorong penguatan posisi keuangan perusahaan di tengah kompetisi industri telekomunikasi yang semakin ketat. Kami percaya nilai saham XL sangat kompetitif dan diminati oleh para investor seiring dengan potensi pertumbuhan perusahaan ke depannya," ujar Direktur Keuangan PT XL Axiata Tbk, Mohamed Adlan bin Ahmad Tajudin.

Adapun aksi penjualan saham treasury ini terkait dengan kewajiban XL untuk melakukan pembelian saham dari pemegang saham yang tidak menyetujui proses merger antara PT XL Axiata Tbk dengan Axis pada Desember 2013. Sebelumnya perseroan melakukan pembelian kembali saham PT XL Axiata Tbk terkait akuisisi Axis. Nilai penjualannya sekitar Rp 1,2 triliun.

Berdasarkan data BEI, pemegang saham perseroan antara lain Axiata Investments Indonesia Sdn.Bhd sebesar 66,48 persen dan masyarakat kurang dari lima persen sebesar 33,51 persen. (Ahm/)

 

*Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini