Sukses

Konflik Ukraina Bikin Harga Emas Menguat Tipis

Harga emas naik tipis 0,2 persen menjadi US$ 1.289,22 per troy ounce pada awal pekan ini.

Liputan6.com, Jakarta - Harga emas naik di pasar spot Eropa pada perdagangan Senin (Selasa pagi WIB) didorong ketegangan konflik di timur Ukraina.

Harga spot emas naik 0,2 persen menjadi US$ 1.289,22 per troy ounce. Sentimen geopolitik Ukraina-Rusia masih mempengaruhi harga emas. Sementara itu, harga perak naik 0,2 persen menjadi US$ 19.485 per ounce. Harga platinum naik 0,2 persen menjadi US$ 1.419,50 per ounce.

"Ketegangan geopolitik terus memberikan dukungan meski pun mungkin tidak sebanyak yang diharapkan. Meskipun situasi memburuk di Ukraina, tapi ketegangan semakin bertambah," ujar Sonia Hellwig, Analis Heraues, seperti dikutip dari laman skynews.com, Selasa (2/9/2014).

Emas sebagai aset haven dianggap sebagai lindung nilai terhadap risiko sehingga harga emas sering naik di saat ketidakstabilan. Selain itu, pelaku pasar cenderung wait and see seiring Amerika Serikat (AS) libur memperingati hari buruh.

"Ada pun pada pekan ini ada sejumlah data yang ditawarkan mulai dari german industrial orders, GDP Eropa, indeks purchase manager dari sejumlah negara, inflasi dan tenaga kerja Eropa dan Amerika Serikat," tutur Hellwig.

Pada kamis pekan ini, pelaku pasar juga mencermati pertemuan bank sentral Eropa. Hal itu mengingatkan pernyataan baru pimpinan bank sentral Eropa Mario Draghi di Jackson Hole. (Ahm/)

 

*Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.