Sukses

Jadi Obat Ebola, Pengusaha Minta Jangan Berangus Tembakau

Pengusaha meminta pemerintah tak mudah termakan kampanye global antitembaku. Apalagi di Indonesia, komoditas ini mampu menopang ekonomi RI.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar bahwa tembakau mampu menangkal virus ebola membuat industri rokok sumringah. Sebab mereka menilai ini menjadi bukti jika tembakau bisa diubah menjadi vaksin maka komoditas pertanian ini bukan komoditi berbahaya.

Ketua Umum Gabungan Perserikatan Pabrik Rokok Indonesia (Gappri) Ismanu Soemiran mengungkapkan, temuan tembakau mampu menjadi vaksin ebola membuktikan justifikasi komoditas tembakau sebagai komoditi berbahaya sangat tidak tepat dan terbantahkan.

 "Pengetahuan manusia sangat terbatas. Kini kita tahu di dalam tembakau justru mengandung unsur tak terduga yang berguna bagi umat manusia. Ini artinya tidak bisa menjustifikasi tembakau adalah produk yang negatif," ujar dia di Jakarta, Selasa (2/9/2014).

Mereka pun meminta semua pihak, terutama pemerintah, tak mudah termakan kampanye global antitembaku. Apalagi di Indonesia, komoditas ini mampu menopang ekonomi nasional.

Dampak kampanye global itu bakal memusnahkan varietas tembakau Indonesia yang sejatinya tidak bisa ditemukan di belahan dunia lainnya.
 
Temuan tembakau mampu menjadi vaksin juga ditegaskan Guru Besar Bio Cell Universitas Brawijaya Malang Profesor Sutiman.

 "Seringkali kampanye negatif itu lebih bermotif kompetisi dagang, dengan target merusak pilar-pilar penyangga perekonomian negara, termasuk dalam hal ini tembakau," tegasnya.

Dia mengingatkan, dari sisi ekonomi, tembakau memberi kontribusi kepada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) hingga mencapai Rp 110 triliun tiap tahun hanya dari cukai rokok Belum lagi pajak-pajak lainnya ataupun dari sisi penyerapan tenaga kerja.

Ismanu meyakinkan, temuan bahwa tembakau mampu diubah menjadi vaksin harus didukung, dihargai sekaligus didorong. Jangan sampai temuan penting ini diabaikan karena kita lebih menghargai vaksin-vaksin yang diimpor dari luar negeri.

 Apalagi tak menutup kemungkinan, isu wabah ebola hanya kedok industri farmasi global untuk meluncurkan vaksin baru. "Ini harus diwaspadai jangan sampai ada penumpang gelap," tegas dia.

Ismanu menduga segala kampanye negatif terhadap tembakau berawal dari industri farmasi. Untuk itu, ia berharap kreatvitas anak bangsa, termasuk temuan tembakau bisa diubah menjadi vaksin, agar terus diinformasikan, bahkan didukung penuh.

"Ini anugerah jadi harus dipromosikan disuarakan, karena secara ilmiah sangat masuk akal," tegasnya.

Sebelumnya, Guru Besar Bio Cell Universitas Brawijaya Malang Profesor Sutiman mengungkapkan, tembakau yang tumbuh di sejumlah wilayah di Tanah Air bisa untuk menangkal virus ebola yang saat ini sedang hangat diperbincangkan dan belum ada obatnya.

"Virus ebola itu memang mirip penyakit HIV/AIDS yang masih belum ditemukan obatnya. Namun, untuk mencegah agar virus tersebut tidak sampai meluas, sebenarnya cukup mudah, yakni dengan tembakau yang diolah menjadi vaksin," kata Sutiman.

Selain dipakai untuk mengobati beberapa jenis penyakit, tembakau juga bisa dibuat menjadi vaksin untuk mencegah virus ebola.

Khusus virus ebola, di dalam tanaman tembakau tersebut terdapat tobacco mosaic virus, dan itu bisa disisipi gen antibodi untuk antiebola. Jadi, kata dia, tanaman tembakau tersebut bisa memproduksi vaksin antiebola.

 Menurut dia, Indonesia selalu menjadi pasar potensial untuk vaksin virus ebola itu. "Bayangkan, berapa juta orang yang harus divaksin. Itu kan binis. Padahal, pembuatan vaksinnya sangat mudah, dan bahan bakunya dari tembakau yang tumbuh subur di Indonesia," katanya. (Nrm)

 

*Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.