Sukses

Cari Produk Kerajinan Jawa Timur, Datang Saja ke Kemenperin

Kemenperin menggelar pameran produk IKM Jawa Timur mulai 2 September hingga 5 September 2014.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menggelar pameran bertajuk 'Produk Unggulan Jawa Timur' yang ditujukan untuk memperkenalkan produk-produk kerajinan dari provinsi Jawa Timur dan diharapkan mampu mendorong perekonomian di kawasan tersebut.

Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKM) Euis Saedah mengatakan seiring dengan perkembangan sektor industri kreatif diperlukan produk inovatif yang dibuat dengan bahan baku ramah lingkungan.

"Produk kerajinan yang inovatif dan dibuat dari bahan baku ramah lingkungan agar dapat meningkatkan daya saing," kata dia di Jakarta, Selasa (2/9/2014).

Selain itu, dia mengatakan agar-agar produk tersebut dapat bersaing penting juga adanya pemberian merk atau branding. Hal itu, merupakan strategi penting dalam memasarkan produk-produk Indonesia.

"Untuk kreativitas selalu diperlukan dalam meningkatkan nilai tambah produk. Tingginya kreativitas yang dimiliki IKM Jawa Timur, juga akan membuat lajunya ke pasar ekspor," lanjut dia.

Acara ini bakal berlangsung dari 2 September hingga 5 September 2014 di Gedung Kementerian Perindustrian, Jakarta. Acara itu diikuti 45 pengrajin binaan Dekranasda Provinsi Jawa Timur yang berasal dari Kabupaten/Kota Jawa Timur.

Adapun produk-produk yang ditampilkan seperti batik, perak, kaligrafi, bordir, perhiasan, aksesoris, kulit, makanan ringan, dan lain-lain.

Euis menjelaskan, IKM merupakan industri yang potensial, khususnya untuk Jawa Timur. Pasalnya, nilai ekspor dari kerajinannya terus meningkat.

"Perkembangan ekspor Provinsi Jawa Timur terus meningkat secara signifikan, terutama pada 2013-2014. Selama Januari-Juni 2014, ekspor non migas mencapai US$ 9,5 juta atau naik 28,85 persen dibanding ekspor non migas periode yang sama tahun 2013 US$ 7,3 juta. Ekspor non migas Jawa Timur didominasi oleh perhiasan dengan nilai US$ 451 ribu," tandas Euis. (Amd/Nrm)

 

*Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.