Sukses

4 Negara Penopang Kinerja Ekspor RI di Juli

Beberapa negara yang menopang kinerja ekspor Indonesia di Juli yaitu India, Amerika Serikat, Filipina dan Pakistan.

Liputan6.com, Jakarta - Neraca perdagangan Indonesia pada Juli 2014 tercatat surplus US$ 123,7 juta dolar. Suplus ini ditopang oleh surplus non-migas sebesar US$ 1,73 miliar dolar, namun defisit pada migas sebesar US$ 1,6 milar.

Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi mengatakan, jika dilihat sepanjang Januari-Juli 2014 perdagangan Indonesia mengalami defisit US$ 1 miliar yang disebabkan oleh defisit migas US$ 7,7 miliar dan surplus nonmigas US$ 6,7 miliar

"Kinerja ekspor tidak jelek, cukup baik, hanya karena harus menanggung beban defisit migas, harus menanggung defisit migas sehingga keseluruhannya tertekan," ujarnya di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat, Selasa (2/9/2014).

Dia menjelaskan, ada beberapa negara yang memberikan kinerja ekspor cukup baik untuk bulan Juli bagi Indonesia seperti India, Amerika Serikat, Filipina dan Pakistan yang menyumbang surplus sebesar US$ 2,2 miliar.

Namun, Indonesia mengalami defisit non-migas dengan negara-negara seperti China, Jepang, Thailand, Argentina dan Korea Selatan sebesar US$ 1,7 miliar.

"Negara-negara ini berubah dari waktu ke waktu, tapi kita ada andalan ekspor seperti ke India dan AS. Kalau seperti ke Thailand, yang mengimpor spare part otomotif dari Thailand," lanjutnya.

Untuk kinerja impor secara keseluruhan Juli 2014 senilai US$ 14,1 miliar dimana impor barang konsumsi menurun tajam 27,3 persen dimana pada Juni sebesar US$ 1,2 miliar dolar, sedangkan Juli turun ke US$ 0,8 miliar dolar.

"Tetapi impor kita masih tetap menunjukan bahwa importasi barang baku dan penolong yang masih tinggi sebesar 78,9 persen. Ini untuk pengembangan industri jadi butuh bahan baku. Industri hilir kita sudah besar, cuma yang di tengah ini yang kita harus jaga dan kembangkan," tandasnya. (Dny/Ndw)

*Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.