Sukses

Petani Sawit RI Raih Bonus Rp 2,5 Miliar

Wamendag, Bayu Krisnamurthi menyatakan, prinsip penerapan praktik perkebunan berkelanjutan untuk mendukung pelaku industri sawit.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 20 ribu petani plasma kelapa sawit mendapatkan bonus berupa premi (premi sharing) sebesar Rp 2,5 miliar. Bonus ini merupakan hasil penjualan sustainable oil pada 2013 oleh PT Asian Agri yang bekerjasama dengan petani.

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag), Bayu Krisnamurthi mengatakan, prinsip-prinsip keberlanjutan atau sustainable ini menjadi sangat penting bagi semua pelaku industri kelapa sawit.

"Kelapa sawit memberikan kontribusi yang besar bagi pendapatan nasional sehingga pelaku industri juga harus sadar bahwa penerapan praktik perkebunan yang berkelanjutan atau sustainable palm oil ini menjadi sangat penting untuk memastikan akses penjualan produk sawit," ujar Bayu di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat, Selasa (2/9/2014).

Menurut Bayu, perusahaan seperti Asian Agri telah menjadi perusahaan yang menerapkan prinsip-prinsip keberlanjutan dalam menjalankan bisnis perkebunan dan konsisten membuktikan komitmennya mendampingi petani. "Ini baik dalam pembinaan praktik perkebunan maupun dalam menerapkan prinsip-prinsip keberlanjutan," lanjutnya.

Sementara itu, General Manager Asian Agri Freddy Widjaya menjelaskan, pembagian premi ini menjadi komitmen perusahaan untuk terus mendukung industri sawit yang lestari.

"Kami telah mendampingi petani plasmanya memperoleh sertifikat RSPO sejak 2011. Hal ini sangat membantu dalam memastikan pasar untuk produk yang dihasilkan. Pasar internasional, terutama negara-negara Eropa, sangat tertarik dengan sustainable oil sehingga memberikan kepastian pasar bagi minyak sawit yang dihasilkan oleh petani, sedangkan premi merupakan insentif tambahan bagi petani," kata Freddy.

Pembagian premi tersebut disalurkan melalui 43 KUD yang menaungi lebih dari 20 ribu petani, dan mewakili lahan seluas lebih dari 40 ribu hektare di Riau dan Jambi.

Asian Agri mengharapkan premi yang diserahkan tersebut bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk kepentingan petani, seperti perbaikan infrastruktur, peningkatan kapasitas petani, dan hal lainnya untuk kesejahteraan petani. (Dny/Ahm)

 

*Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.