Sukses

Bursa Asia Menguat Ditopang Sentimen Penguatan Ekonomi Amerika

Saham-saham di kawasan Asia kembali menguat dipimpin oleh saham-saham di bursa Jepang.

Liputan6.com, Singapura - Saham-saham di kawasan Asia (Bursa Asia) kembali menguat dipimpin oleh saham-saham di bursa Jepang. Penguatan bursa Jepang tersebut didorong oleh penguatan mata uang Yen terhadap dolar Amerika Serikat (AS). Selain itu, penguatan ekonomi di Amerika juga menjadi salah satu pendorong penguatan tersebut.

Dikutip dari Bloomberg, Rabu (3/9/2014), Indeks MSCI Asia Pasifik menguat 0,2 persen pada pukul 10.07 waktu Tokyo, Jepang. Indeks Topix Jepang naik 0,6 persen.

Analis Rivkin Securities di Sydney, Australia, Timothy Radford menjelaskan, penguatan ekonomi di Amerika memberikan dampak positif kepada perusahaan-perusahaan di kawasan Asia karena nilai ekspor dari negara-negara di Asia bisa meningkat.

"Namun, menurut Timothy, ada sentimen yang perlu diwaspadai yaitu pelemahan pertumbuhan ekonomi di China. "Jika pelemahan China berlanjut seharusnya pemerintah mereka memberikan stimulus," tuturnya.

Saat ini, para investor juga sedang menunggu kebijakan yang akan dikeluarkan oleh Bank of Japan (BOJ) besok. Dari 57 ekonom yang disurvei oleh Bloomberg, enam memprediksi tingkat refinancing utama akan dikurangi menjadi 0,05 persen dari saat ini 0,15 persen. (Gdn)



*Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini