Sukses

Konsumen RI Gunakan Situs Online untuk Beli Tiket Pesawat

Nielsen mengungkatpkan, konsumen Indonesia paling banyak melakukan transaksi belanja online untuk keperluan jasa perjalanan.

Liputan6.com, Jakarta - Transaksi belanja online atau e-commerce di Indonesia menunjukan tren terus meningkat. Laporan hasil studi e-commerce yang dirilis oleh perusahaan penyedia informasi dan insights konsumen, Nielsen, mengungkapkan pembelian melalui situs online menjadi cara transaksi yang nyaman.

Executive Director Consumer Insights Nielsen Indonesia, Anil Antony mengatakan, dari hasil survei yang telah dilakukan, terungkap konsumen Indonesia paling banyak melakukan transaksi online untuk keperluan jasa perjalanan atau traveling dengan persentase mencapai 55 persen.

"Sekitar setengah dari konsumen Indonesia berencana untuk membeli tiket pesawat secara online," ujar Anil dalam konferensi pers di Kantor Nielsen Indonesia, Jakarta, Rabu (3/9/2014).

Selain untuk pemesanan tiket pesawat, transaksi online juga banyak digunakan untuk pemesanan hotel dan biro perjalanan sebesar 46 persen, diikuti dengan pembelian bukiu elektronik atau e-book sebesar 40 persen, membeli pakaian, aksesoris dan sepatu sebesar 37 persen dan membeli tiket acara sebesar 34 persen.

"Jadi empat lebih dari sepuluh konsumen Indonesia berencana membeli ebook, hampir empat dari sepuluh konsumen membeli pakaian dan sejenisnya, serta sepertiga konsumen membeli tiker acara seperti tiket bioskop, pertunjukan, pameran dan pertandingan olahraga," jelasnya.

Sekadar informasi, The Nielsen Global Survey of E-Commerce mensurvei lebih dari 30 ribu konsumen di 60 negara kawasan Asia Pasifik, Eropa, Amerika Latin, Timur Tengah, Afrika dan Amerika Utara.

Sampel yang digunakan memiliki kuota berdasrkan usia dan jenis kelamin untuk setiap negara berdasarkan pengguna internet dan telah dipertimbangkan untuk dapat mewakili konsumen internet. (Dny/Ahm)

 

*Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini