Sukses

PR Jokowi Cari Menteri ESDM yang Bersih Bebas Korupsi

Penetapan tersangka Menteri ESDM Jero Wacik sebagai sebuah momentum kebangkitan Kementerian ESDM ke arah yang lebih baik.

Liputan6.com, Jakarta - Pengamat Energi, Mamit Setiawan menilai penetapan tersangka Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik sebagai sebuah momentum kebangkitan Kementerian ESDM ke arah yang lebih baik. Di sinilah tugas Presiden baru Joko Widodo untuk memberantas mafia migas yang bersarang di Kementerian ESDM.

Mafia migas, kata Mamit, dapat dengan mudah melemparkan tekanan bahkan intervensi kepada orang nomor satu di Kementerian ESDM karena kekuasaannya.  

"Jokowi harus bisa memilih menteri ESDM yang bersih, punya track record yang bagus, profesional dan tak bisa ditekan mafia migas sehingga terjadi revolusi besar-besaran di tubuh Kementerian ESDM yang terkenal dengan sarangnya mafia migas," ungkap dia kepada Liputan6.com, Jakarta, Kamis (4/9/2014).

Menurutnya, menjadi seorang Menteri ESDM tidaklah mudah. Pasalnya, sambung Mamit, banyak godaan yang bisa membuat siapapun tergiur dengan iming-imingan uang maupun jabatan.

"Banyak godaannya jadi Menteri ESDM itu, selain tekanan dari DPR yang minta diberikan THR atau setoran. Jadi ini cukup menggiurkan, sehingga Kementerian ESDM menjadi primadona para mafia migas," cetus dia.(Fik/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini