Sukses

CT Siap Komandoi Kementerian ESDM Sepeninggal Jero Wacik

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah menerima surat pengunduran diri Jero Wacik.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Chairul Tanjung menyatakan siap merangkap jabatan usai Menteri Energi Sumber Daya Mineral Jero Wacik resmi menyandang tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Ya harus siap, itu kan di kewenangannya pak presiden. Saya terima tugas saja," kata dia di kantornya, Jakarta, Jumat (5/9/2014).

Chairul mengatakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah menerima surat pengunduran diri Jero Wacik dan kemudian langsung penunjukan penggantinya. Penunjukan menteri baru ini akan ditandai lewat penerbitan Surat Keputusan Presiden (Keppres).

"Nanti  akan menerbitkan Keppres pemberhentian terkait pengunduran diri beliau, dan akan langsung menunjuk penggantinya. Dan penggantinya itu bersifat at interim," lanjut dia.

Dengan adanya menteri yang baru, terang Chairul berarti menteri tersebut  masa jabatan selama 40 hari sebelum pemerintahan berganti.

Lebih lanjut, dia mengatakan menteri pengganti Jero Wacik bakal diketahui minggu depan. "Tapi saya tidak mau berandai-andai tunggu keputusan pak presiden saja, mungkin senin atau selasa minggu depan," tandas dia.

Seperti diketahui, Jero Wacik ditetapkan sebagai tersangka pada Rabu (3/9/2014) kemarin. Dia diduga menyalahgunakan wewenang sebagai menteri untuk mendapatkan dana operasional sebanyak Rp 9,9 miliar. (Amd/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini