Sukses

RI Pernah Hampir Bangkrut Gara-Gara Harga BBM Murah

Harga jual minyak di dalam negeri selisih jauh dengan harga minyak dunia yang terus merangkak naik.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) terpilih Jusuf Kalla mengaku Indonesia pernah mengalami situasi yang mendesak terkait neraca pembayaran hanya gara-gara harga jual BBM yang murah.

Bahkan, Indonesia pernah hampir bangkrut hanya karena harga jual minyak di dalam negeri selisih jauh dengan harga minyak dunia yang terus merangkak naik.

"Negeri ini hampir kolaps karena terlalu murah kita jual BBM ke orang yang tidak perlu, menengah ke atas," kata JK di Gran Sahid, Jakarta, Senin (8/9/2014).

JK mengungkapkan keputusan menaikkan harga BBM pada masa kepemimpinannya bersama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebanyak 2 kali menjadi salah satu keputusan strategis yang dianggapnya berhasil.

Dia pun memastiakn salah satu hal yang mesti dilakukan pemerintahan baru adalah mengalihkan sebagian subsidi BBM yang pada tahun 2015 dianggarkan sebesar Rp 2.019 triliun.

"Dalam waktu singkat subsidi harus dipindahkan ke produjtif, tidak ada cara lain untuk perbaiki ekonomi bangsa," tambah dia.

Perlu digarisbawahi, keberhasilan menaikkan harga BBM yaitu dengan mengimbangi tingkat inflasi yang ditimbulkan dengan mengalihkan kepada masyarakat yang lebih membutuhkan melalui berbagai macam bantuan langsung dan tepat sasaran.

Selain itu keberhasilan dalam mengurangi defisit neraca perdagangan Indonesia dalam mengurangi impor BBM adalah dengan tepatnya momen dalam menaikkan harga BBM tersebut.

"Jadi dulu 2 hari sebelum bulan puasa kita naikkan,jadi tidak ada demo di bulan puasa, kalau ada yang protes itu brarti orang yang tidak merasakan puasa," kata JK. (Yas/Nrm)

 

 

 *Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.