Sukses

BI Sebut Rupiah Melemah Sepanjang Agustus

Sentimen domestik dan regional cenderung menekan pergerakan rupiah secara terbatas pada Agustus 2014.

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia mencatat Rupiah menunjukkan pelemahan meski hal itu bersifat terbatas sepanjang Agustus 2014.

"Rupiah melemah terbatas dengan volatilitas yang terjaga," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Tirta Segara di Gedung Bank Indonesia, Kamis (11/9/2014).

Tirta memperjelas, rupiah secara rata-rata melemah 0,24% (month to month) dari bulan sebelumnya menjadi Rp11.710 per dolar AS. Secara point to point (ptp), rupiah terdepresiasi sebesar 1,03% dan ditutup pada level Rp 11.698 per dolar AS.

Pelemahan rupiah tersebut dipengaruhi oleh faktor sentimen, baik yang bersumber dari eksternal maupun domestik.
Faktor eksternal terkait dengan dinamika geopolitik, perkembangan ekonomi Tiongkok serta terkait dengan kemungkinan normalisasi kebijakan The Fed yang lebih cepat dari perkiraan semula.

Sementara itu, faktor sentimen domestik terkait dengan perilaku investor yang menunggu rencana kebijakan pemerintah ke depan, termasuk kebijakan terkait dengan subsidi energi.

"Ke depan, Bank Indonesia akan terus menjaga stabilitas nilai tukar rupiah sesuai dengan nilai fundamentalnya," tegas Tirta.

Kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia (BI), Kamis (11/9/2014), menunjukkan nilai tukar rupiah melemah ke level 11.831 per dolar AS. Nilai tukar rupiah mengalami koreksi 49 poin dari level 11.782 per dolar AS pada perdagangan sebelumnya.

Sementara data valuta asing (valas) Bloomberg, rupiah tercatat dibuka melemah di level 11.825 per dolar AS. Hingga siang, nilai tukar rupiah terus melemah ke level 11.828 per dolar AS. (Yas/Ahm)

 

*Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini