Sukses

Dahlan Iskan Pecat Petinggi Hutama Karya

Menneg BUMN Dahlan Iskan langsung memberhentikan Budi Rahmat Kurniawan dari jabatannya sebagai ‎Direktur Pengembangan Bisnis PT Hutama Karya

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan langsung memberhentikan Budi Rahmat Kurniawan dari jabatannya sebagai Direktur Pengembangan Bisnis PT Hutama Karya (HK) Persero setelah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menetapkannya sebagai tersangka.

Budi menjadi tersangka dugaan korupsi proyek Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pelayaran Kementerian Perhubungan di Sorong, Papua tahun anggaran 2011.

"Kami berhentikan langsung. Sudah diputuskan dalam Rapim tadi pagi. Kami sudah dengar tadi pagi, sore ini diumumkannya," kata Dahlan di Jakarta, Kamis (11/9/2014).

‎KPK melakukan peningkatan status petinggi perusahaan plat merah itu setelah KPK beberapa kali melakukan ekspose atau gelar perkara. Dalam ekpose itu, ditemukan 2 alat bukti yang cukup untuk menjadikan Budi sebagai tersangka.

"Setelah melakukan beberapa kali ekspose atau gelar perkara ditemukan 2 alat bukti yang cukup untuk menaikkan dari penyelidikan ke penyidikan," kata Johan Budi sebagai Juru Bicara KPK.

Budi oleh KPK disangka telah melakukan penyalahgunaan wewenangan dalam proyek tersebut. Diduga, akibat penyalahgunaan wewenang oleh Budi itu, negara dirugikan sampai puluhan miliar rupiah.

"Perhitungan sementara dugaan kerugian negara Rp 24,2 miliar‎," ucap Johan.

KPK sendiri menjerat Budi dengan Pasal 2 ayat 1 atau Pasal 3 Undang-Undang (UU) Nomor 31 tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (UU Tipikor) juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHPidana.

Namun demikian, Johan masih enggan membeberkan pihak-pihak mana saja yang akan dimintai pertanggungjawaban secara hukum oleh KPK dalam kasus yang melibatkan petinggi Hutama Karya ini. Termasuk apakah ikut memintai pertanggungjawaban para petinggi di Kementerian Perhubungan pimpinan Evert Erenst Mangindaan yang juga Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat tersebut. Terkait hal tersebut Menteri BUMN, Dahlan Iskan langsung memberhentikan Budi. (Yas/Ahm)

 

Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Dahlan Iskan adalah mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara yang kini berstatus sebagai tersangka

    Dahlan Iskan

  • Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi
    Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi

    KPK

  • Hutama Karya adalah salah satu perusahaan BUMN yang bergerak di bidang jasa konstruksi.

    hutama karya

Video Terkini