Sukses

Harga Emas Mulai Meredup

Tidak ada berita yang bisa mendorong perdagangan emas, tetapi sentimen yang telah menekan emas dalam beberapa pekan terakhir terus mendomina

Liputan6.com, New York - Harga emas telah jatuh ke level terendah lebih dari tujuh bulan dan berakhir memerah dalam sesi keempat berturut-turut, karena penguatan dolar AS dan diredam ketakutan geopolitik terus membebani daya tariknya sebagai investasi safe haven.

Emas untuk pengiriman Desember, kontrak paling aktif diperdagangkan, berakhir turun US$ 6,30, atau 0,5 persen menjadi US$ 1,239 per ounce di divisi Comex New York Mercantile Exchange. Itu adalah penutupan terendah sejak 22 Januari, melansir laman Herald Sun, Jumat (12/9/2014).

Harga emas secara singkat berubah positif di awal sesi setelah rilis data pekerjaan yang lebih lemah dari perkiraan, tetapi turun tajam setelah itu dan menjadi negatif di sisa hari.

Analis mengatakan tidak ada berita yang bisa mendorong perdagangan emas, tetapi sentimen yang telah menekan emas dalam beberapa pekan terakhir terus mendominasi.

Harga emas telah turun lebih dari tujuh persen sejak pertengahan Juli. "Ini adalah pasar yang bocor yang telah bocor jauh sejak awal Agustus," kata Ira Epstein, seorang analis Linn Group di Chicago. "Ada tidak ada yang terjadi untuk emas. Sebuah tidak ada yang besar."

Beberapa analis mengatakan pasar kemungkinan underpricing karena ketidakstabilan pembakaran di beberapa hotspot di seluruh dunia. Tapi gencatan senjata di Ukraina terus memegang, dengan pejabat Ukraina melaporkan mundurnya pasukan Rusia dari perbatasan.

Selain itu, dolar AS terus memegang keuntungan dari rally baru-baru yang telah melihat hal itu diperkuat dengan sekitar lima persen terhadap sekeranjang mata uang global sejak Juli. Ini yang membuat harga emas mulai meredup. (Nrm)


 

Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Laman ini berisi mengenai informasi seputar harga emas terbaru. Harga emas ini terus diperbarui setiap harinya.

    Harga Emas