Sukses

Jawa Barat Disesaki Banyak Proyek Infrastruktur

Pemerintah Provinsi Jawa Barat tengah mengejar sejumlah pembangunan proyek infrastruktur mulai dari Bandara Kertajati hingga kereta api.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas), Provinsi Jawa Barat akan disesaki dengan proyek-proyek infrastruktur besar, mulai dari bandara Kertajati, jalan tol, kereta api melayang sampai kereta super cepat (High Speed Railways/HSR).

Demikian disampaikan Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Bappenas, Dedy S Priatna saat ditemui di kantornya, Jakarta, Jumat (12/9/2014).

Dia menyebut, pemerintah daerah (pemda) tengah mengejar proyek infrastruktur seperti pembangunan terminal dan landasan pacu (runway) sepanjang 2.500 meter persegi di bandara Kertajati. Kemudian akan dilanjutkan dengan menggarap runway kedua sepanjang 4.000 meter persegi.

"Dananya sudah siap Rp 250 miliar untuk runway 2.500 meter persegi dan diperkirakan selesai pada 2016. Lalu disusul runway 4.000 meter persegi dengan tambahan dana Rp 1,5 triliun," ujar Dedy.

Komitmen Kementerian Perhubungan dan pemda untuk membangun bandara Kertajati secara utuh, menurut dia, akan dibantu oleh PT Angkasa Pura II dengan membentuk konsorsium dengan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan investor swasta.

Tidak berhenti sampai di situ. Proyek besar lain sudah dalam pengerjaan konstruksi seperti jalan bebas hambatan Cikapali dan Cisumdawu yang bakal segera selesai dalam waktu dekat.

Di luar itu, Dedy mengungkapkan, pemerintah juga sedang menyiapkan proyek kereta api melayang Padalarang-Cicalengka-Kertajati. Namun harus bisa menyediakan lahannya.

"Kereta api ini sedang dalam tahap desain sipil karena akan bergaya modern, elevated, double track dan yang pasti nggak akan mengganggu. Tapi jalan tol Cikapali dan Cisumdawu selesai dulu," terang dia.

Jika proyek-proyek di Jawa Barat tersebut tuntas, tambah Dedy, dalam jangka panjang pemerintah sudah menyiapkan mega proyek lain kereta api super cepat yang menyerupai Shinkansen. "Jangka panjangnya, kita bangun kereta api super cepat Jakarta-Bandung-Cirebon-Surabaya," kata Dedy. (Fik/Ahm)

 


*Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.