Sukses

Menkeu Sebut Rupiah Bakal Jeblok Sampai Keputusan The Fed

"Rupiah akan melemah sampai hasil keputusan The Fed," jelas Menteri Keuangan Chatib Basri.

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) terus terpuruk menunggu rapat Federal Open Market Committee (FOMC) yang akan kembali digelar pada 17-18 September ini. Dan kondisi tersebut masih akan terus berlangsung hingga The Fed mengumumkan keputusan hasil rapat tersebut.

Demikian dikatakan Menteri Keuangan Chatib Basri kepada wartawan usai Pembahasan Rancangan Undang-undang (RUU) Perasuransian di Gedung DPR, Jakarta, Senin (15/9/2014).

"Rupiah akan melemah sampai hasil keputusan The Fed. The Fed kan mau mengumumkan. Kita lihat rapat FOMC-nya seperti apa," kata dia.

Setelah Bank Sentral mengumumkan hasil rapat tersebut, Chatib memperkirakan pasar akan kembali merespon kurs rupiah. Namun dia enggan menjawab antisipasi pemerintah atas pelemahan kurs rupiah terhadap dolar AS.  

"Nanti market akan kembali lagi setelahnya. Mereka akan rasional apa yang diambil dari The Fed. Urusan intervensi biar Bank Indonesia (BI)," pungkas Chatib.

Sebelumnya, data valuta asing (valas) Bloomberg, hari ini, menunjukkan nilai tukar rupiah melemah 0,55 persen ke level 11.887 per dolar AS hingga perdagangan menjelang siang. Rupiah bahkan sempat menyentuh level 11.907 per dolar AS pada pukul 08:57 waktu Jakarta.

Setelah dibuka melemah 56 poin, rupiah kini masih berkutat di kisaran 11.851 - 11.907 per dolar AS. Sementara itu, kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) mencatat rupiah melemah dan berada di klevel 11.875 per dolar AS.

Analis Bank Mandiri Renny Eka Putri menilai tekanan tersebut akibat pengaruh dari pertemuan The Fed yang akan digelar pekan ini. Rapat ini akan membahas adanya kemungkinan penarikan dana stimulus yang kini tinggal berjumlah US$ 25 miliar menjadi US$ 15 miliar per bulan.

"Pekan ini tampaknya faktor eksternal akan lebih kuat mempengaruhi pergerakan rupiah. Kamis akan ada hasil pertemuam The Fed, ini yang masih ditunggu para pelaku pasar," terangnya. (Fik/Gdn)


*Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.