Sukses

Satu Kursi CPNS Kemenkeu Diperebutkan 15 Pelamar

Panselnas mencatat sebanyak 134.666 orang pelamar telah mendaftar dalam seleksi CPNS.

Liputan6.com, Jakarta - Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) mencatat sebanyak 134.666 orang pelamar telah mendaftar dalam seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2014 di Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Para pelamar tersebut memperebutkan 9.000 kursi CPNS di Kemenkeu.

Jika dikalkulasikan, setiap satu kursi di Kemenkeu diincar oleh 15 orang pelamar. Pelamar tes CPNS di Kemenkeu merupakan yang paling banyak dibanding instansi lain.

Maklum dibanding kementerian lain, kementerian yang dipimpin Chatib Basri ini merupakan instansi yang membuka lowongan CPNS terbanyak. Pendaftaran CPNS di Kemenkeu dibuka sejak 24 Agustus-7 September 2014.

Posisi yang terbuka antara lain penata laporan keuangan, verifikator keuangan, analis anggaran, analis pajak, verifakator pajak, analis bea dan cukai, verifikator bea dan cukai, mualim, juru motor, juru minyak, kelasi kapal, analis fiskal dan administrasi persuratan.

Ketua Panitia Rekrutmen CPNS Kementerian Keuangan, Ki Agus Badaruddin sebelumnya menuturkan, Kemenkeu melakukan empat tahap seleksi dengan sistem gugur dalam penerimaan CPNS 2014 ini, yaitu:

1. Seleksi administrasi
2. Tes Kompetensi Dasar (TKD)
3. Psikotes Lanjutan
4. Tes Kesehatan dan Kebugaran serta Wawancara.

Rekrutmen CPNS Kementerian Keuangan ini, menurut Ki Agus, untuk semua jurusan dilaksanakan di 5 (lima) kota, yaitu Jakarta, Medan, Makassar, Surabaya, dan Yogyakarta.

Selain Kemenkeu, kementerian lain yang diminati pelamar CPNS 2014 yaitu Kementerian Kehutanan. Sebanyak 25.648 orang pelamar akan berebut 580 kursi yang disiapkan.

Lalu disusul, Kementerian Sosial dengan total pelamar 21.539 orang dengan jumlah lowongan 136 kursi CPNS. (Ndw)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini