Sukses

Jokowi Dukung Holding BPD

Salah satu BUMD yang sangat berperan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi adalah Bank Pembangunan Daerah (BPD).

Liputan6.com, Jakarta - Presiden terpilih Joko Widodo (Joko Widodo) menyatakan peran Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) sangat besar dalam mendorong perekonomian di suatu daerah yang kemudian akan mendorong perekonomian nasional. Salah satu BUMD yang sangat berperan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi adalah Bank Pembangunan Daerah (BPD).

Sayangnya, Lanjut Jokowi, banyak BPD yang memiliki modal sangat kecil. Oleh sebab itu, ia pun mengusulkan agar BPD-BPD yang dimiliki oleh masing-masing daerah tersebut membuat holding sehingga memiliki modal yang besar. Dengan modal yang besar, BPD tersebut dapat memberikan pembiayaan ke proyek-proyek besar juga.

"BPD kalau holding, bisa membantu daerah, yang kurang mana supply kekuatan yang besar," kata dia di Jakarta, Selasa (16/9/2014).

Tak hanya itu, Jokowi juga mengatakan, kecilnya ukuran BPD karena masih sedikitnya bank yang menyandang status terbuka. "BPD kita belum banyak yang Tbk. Baru satu," tutur dia.

Menurut Jokowi, selama ini yang menjadi kelemahan dari BPD lainnya ialah persoalan mismanajemen. Dia mengatakan hal tersebut mesti segera diperbaiki. (Amd/Gdn)


*Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.