Sukses

Aturan Ketat Impor Batu Bara China Tak Pengaruhi RI

China akan menerapkan standar khusus untuk batu bara impor dengan melarang ketentuan kadar abu 30 persen dan kandungan sulfur sebesar 1,5%.

Liputan6.com, Jakarta - Kebijakan pembatasan kadar  batu bara impor China tidak mempengaruhi Indonesia. Pasalnya kadar batu bara Indonesia masih diatas yang ditentukan negara itu.

Direktur Jenderal Mineral dan Batu bara Kementerian Energi Sumber Daya Mineral R Sukhyar mengaku telah mendengar kabar rencana pemerintah China akan menerapkan standar khusus untuk batu bara impor dengan melarang ketentuan kadar abu 30 persen dan kandungan sulfur sebesar 1,5 persen.  Aturan ini mulai berlaku di 2015.

"Saya barusan ketemu dengan salah satu kolega perusahaan," kata Sukhyar, di Jakarta, Selasa (16/9/2014).

Berdasarkan informasi yang diterima dari kolega perusahaan tersebut, tujuan pembatasan kadar batu bara impor untuk melindungi lingkungan dari polusi penggunaan bahan bakar energi ini.

"Mereka dengan alasan proteksi lingkungan tidak membolehkan impor batu bara dengan kandungan sulfur lebih besar atau sama dengan 1,5 persen," tuturnya.

Namun sebagai kepastian, dirinya akan melakukan pengecekan rencana tersebut. Jika pembatasan kadar tersebut benar, diprediksi tidak akan mempengaruhi ekspor batu bara Indonesia ke China.

"Bukan volume yang dibatasi.  kalau demikian maka tidak akan pengaruh batu bara di Indonesia," tutupnya. (Pew/Nrm)

 

*Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini