Sukses

Top 5 Bisnis: Dilema Jokowi Soal Pelabuhan Cilamaya Terpopuler

Pemerintah ingin membangun satu pelabuhan yang bisa menunjang perekonomian di negara ini.

Liputan6.com, Jakarta - Infrastruktur di Indonesia memang masih terbilang minim dibandingkan negara lain bila dilihat dari begitu luasnya negara ini. Untung dan rugi pembangunan infrastruktur menjadi perhatian pemerintah ketika ingin menggelontorkan sejumlah dana.

Seperti rencana pembangunan Pelabuhan Cilamaya di Jawa Barat. Pemerintah ingin membangun satu pelabuhan yang bisa menunjang perekonomian di negara ini. Namun, lokasi pelabuhan tersebut ternyata berbenturan dengan keberadaan kilang yang dimiliki PT Pertamina.

Artinya, pemerintah harus memilih tetap membangun Pelabuhan Cilamaya dengan kompensasi membongkar keberadaan kilang Pertamina. Atau, membatalkan pembangunan pelabuhan yang bisa menopang perekonomian negara tersebut.

Itu sebabnya, artikel kanal Liputan6.com bertajuk Dilema Pemerintahan Jokowi Bangun Pelabuhan Cilamaya menjadi topik paling hanya diperbincangkan.

Lengkapnya, berikut daftar artikel Liputan6.com yang paling dicari, Rabu (17/9/2014):

1. Dilema Pemerintahan Jokowi Bangun Pelabuhan Cilamaya

Rencana pembangunan pelabuhan Cilamaya, Jawa Barat masih menyisakan dilema terutama bagi pemerintahan baru Joko Widodo (Jokowi). Proyek yang sejatinya didedikasikan untuk investor Jepang ini justru mengorbankan operasional PT Pertamina karena akan menanggung kerugian sekira Rp 130 triliun.

2. Alasan Nelayan Lombok Gemar Tangkap Hiu
Harga jual hiu tinggi di pasaran membuat penangkapan hiu makin marak dilakukan oleh para nelayan di desa Tanjung Luar, kecamatan Keruak, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Hal itu diungkapkan oleh salah seorang Mantan Bintara Pembina Desa (Babinsa) Daeng Muhammad Zainuddin yang menyaksikan langsung jumlah uang yang diperoleh nelayan dari penjualan aneka jenis hiu tersebut.

3. Indonesia dan Malaysia Rebutan Pasar Minyak Sawit India

Dikenal sebagai dua produsen minyak sawit terbesar di dunia, Indonesia dan Malaysia kini tengah memperebutkan peluang ekspor ke India. Maklum saja, pasar minyak sawit di India kini bernilai US$ 10 miliar dan merupakan peluang bisnis yang terbilang cukup besar bagi kedua negara Asia tersebut.

4. Profesional Dominasi Kabinet Jokowi Bukan Jaminan Tak Ada KKN

Struktur kabinet pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) sudah terbentuk. Komposisi kalangan profesional lebih banyak mengisi jabatan menteri ketimbang dari orang partai.

Lalu dominasi profesional dalam kabinet ini apakah akan menjamin pemerintahan Jokowi akan bebas dari godaan korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN)?.

5. Tambang Freeport akan Ditutup Bila Kecelakaan Terjadi Kembali

 Kecelakaan kembali terjadi di area pertambangan milik PT Freeport Indonesia. Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) menilai jika terjadi secara berulang seharusnya area tersebut ditutup sementara.

 

*Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.