Sukses

Investor Asing Masih Dominasi di Pasar Modal Indonesia

Direktur Utama BEI, Ito Warsito menuturkan, dana investor asing masih mendominasi di pasar modal Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Manajemen Bursa Efek Indonesia (BEI) optimistis, pemerintahan baru presiden terpilih Joko Widodo akan memberikan angin segar pada pertumbuhan pasar modal Indonesia.

Direktur Utama BEI, Ito Warsito mengatakan, pemerintahan baru akan direspons sebagai sentimen positif pelaku pasar modal. Hal ini asal didukung dengan kebijakan baru yang positif memajukan pertumbuhan ekonomi.

"Tentunya pemerintahan baru dan kebijakan-kebijakan baru yang tentunya akan mendorong pertumbuhan ekonomi, pertumbuhan emiten-emiten Indonesia ke depan. Pasar modal Indonesia akan jadi lebih baik," kata dia, di Jakarta, Rabu (17/9/2014).

Akan tetapi, Ito mengatakan pertumbuhan pasar modal Indonesia masih didominasi oleh para investor asing. Hal ini terlihat dari dana investor asing yang masuk ke pasar modal mencapai Rp 54 triliun.

Jumlah dana tersebut menjadi tantangan bagi investor domestik. Meski begitu, jika dilihat dari proporsinya masih terbilang baik ketimbang lima tahun lalu.

"Masih sangat signifikan. Dari segi kepemilikan, dari total saham yang diperdagangkan di bursa investor asing masih memiliki sekitar 64 persen. Tapi ini lebih baik dari akhir tahun 2008 yang masih di atas 70 persen. Artinya selama 5 tahun terakhir peran investor domestik maeningkat. Walaupun dari segi nilai investor asing masih memiliki bagian yang besar," ujar dia.

Dia menekankan, kondisi indeks saham masih baik hingga September 2014. Hal itu ditunjukkan oleh Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali menembus rekor. Hal ini juga didukung oleh dana investor asing yang masuk ke pasar modal mencapai Rp 54 triliun.

"Kalau kami berkaca pada kenaikan IHSG tentunya sudah meningkat sangat pesat. Kami sudah membuat rekor baru melampaui rekor lama yang dibuat tahun lalu. Kemarin indeks saham tertinggi 5.262. Dulu 5.214," tukas dia. (Amd/Ahm)

 

*Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini