Sukses

Industri Ekonomi Kreatif Bakal Jadi Andalan Pasar Modal RI

Direktur Utama BEI, Ito Warsito menuturkan, investor sangat berminat terhadap industri ekonomi kreatif sehingga dapat memajukan pasar modal.

Liputan6.com, Jakarta - Manajemen PT Bursa Efek Indonesia (BEI) meminta presiden  terpilih Joko Widodo membantu ekonomi kreatif sehingga dapat mempermudah perizinan pendirian perusahaan. Dengan langkah tersebut juga membantu perusahaan di sektor industri kreatif untuk go public.

Direktur Utama BEI, Ito Warsito menuturkan, investor sangat berminat pada pelaku industri di ekonomi kreatif. Minat investor itu diharapkan dapat memajukan sektor tersebut sehingga membantu pendirian perusahaan. Dengan langkah itu juga dapat turut mengembangkan pasar modal Indonesia.

"Kami akan dukung perusahaan yang bergerak di industri kreatif untuk membuat perusahaan dan IPO di Indonesia," kata dia, Jakarta, Rabu (17/9/2014).

Namun, pihaknya menyayangkan banyak perusahaan yang terpaksa membuka usaha di luar negeri. Pasalnya, mendirikan usaha di sana lebih mudah ketimbang mendirikan usaha di Indonesia. Ditambah belum ada wadah yang siap untuk menampung ekonomi kreatif.

"Ekonomi kreatif yang terpaksa dilakukan di luar negeri bukan di Indonesia karena memang Indonesia belum beri wadah, sebagai contoh banyak orang Indonesia yang buat game, software di luar negeri, mereka dirikan perusahaan di Singapura, karena dengan mendirikan perusahaan disana mereka lebih gampang," lanjutnya.

Dia melanjutkan, jika pemerintah ingin memajukan ekonomi kreatif mesti mempermudah izin usaha tersebut.

"Sehingga orang-orang yang tadinya mendirikan perusahaan di luar akan kembali ke Indonesia," tukas dia. (Amd/Ahm)

 

*Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Ekonomi kreatif adalah sebuah konsep di era ekonomi baru yang lahir dari ide-ide SDM yang kreatif.

    ekonomi kreatif

  • salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.
    salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.

    Indonesia

  • Pasar modal adalah seluruh kegiatan yang mempertemukan penawaran dan permintaan dana jangka panjang.

    pasar modal

Video Terkini