Sukses

Batu Bara Jadi Andalan Buat Listriki Rakyat RI

Wamen ESDM, Susilo Siswoutomo mengungkapkan, Indonesia memiliki potensi cadangan batu bara besar sehingga jadi tumpuan pembangkit listrik.

Liputan6.com, Jakarta - Batu bara akan menjadi tumpuan sumber energi untuk pembangkit listrik di Indonesia. Hal itu mengingat potensi cadangan batu bara yang cukup besar.

"Yang bisa diharapkan batu bara. Indonesia punya cadangan batu bara 35 miliar ton. Indonesia tak punya pilihan selain menggantungkan batu bara sebagai tulang punggung untuk pembangkit listrik," ujar Wakil Menteri Energi Sumber Daya Mineral (Wamen ESDM), Susilo Siswoutomo, Kamis (18/9/2014).

Susilo menerangkan, batu bara akan mengambil porsi sebanyak 65 persen untuk pembangkit listrik. Jumlah tersebut, jauh di atas target yang ditetapkan Kebijakan Energi Nasional sebanyak 35 persen. "Tapi target di KEN  hanya 35 persen. Kami usulkan 65 persen batu bara," lanjut dia.

Menurut Susilo, Indonesia juga bisa memaksimalkan tenaga air sebagai pemasok tenaga listrik selain menggunakan batu bara. Namun itu terbatas hanya di beberapa wilayah.

"Yang paling besar kami harapan hydro, tapi kan jauh, hanya bisa Kalimantan, Sulawesi Papua," tutur Susilo.

Tak hanya batu bara dan tenaga air, gas juga menjadi salah satu sumber energi pembangkit listrik. Porsi gas untuk pembangkit listrik mencapai 22 persen. "Jadi perlu digeber semuanya," kata Susilo. (Amd/Ahm)

 

*Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Kementerian ESDM adalah Kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang bergerak di bidang energi, dan sumber daya mineral.

    Kementerian ESDM

  • Listrik adalah daya atau kekuatan yang dapat digunakan untuk menghasilkan panas, cahaya, atau untuk menjalankan suatu mesin.

    Listrik

  • Batu Bara

Video Terkini