Sukses

BRI Gagal Ambil Bank Mutiara, Ini Komentar Dahlan Iskan

Menurut Menteri BUMN, Dahlan Iskan, manajemen BRI menarik diri dari penawaran tender divestasi saham Bank Mutiara

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menyatakan, BRI tidak berarti kalah dalam tender divestasi saham Bank Mutiara yang dimenangkan J Trust Co Ltd perusahaan investasi asal Jepang.

"Bukan gagal, BRI itu menarik diri, karena mereka akhirnya menganggap tidak menarik. Memang penawaran BRI lebih kecil," kata Dahlan di Jakarta, Kamis (18/9/2014).

Dahlan menambahkan, salah satu keputusan BRI menarik diri adalah perseroan lebih memilih bersikap aman. Perseroan mengkhawatirkan bila nanti mengambil Bank Mutiara akan menambah beban keuangan.

Ketika dipertanyakan apakah Dahlan mengetahui latar belakang J Trust Co Ltd dengan memiliki penawaran yang lebih tinggi dari pada BRI, dirinya mengaku tidak tahu dan tidak akan cari tahu.
‎

"Saya tidak tahu, saya sebenarnya pengen tahu bagaimana prosesnya, tapi untuk apa saya tahu," tegasnya.

Seperti diketahui, ini adalah kedua kalinya J Trust Co membeli bank di Indonesia, setelah sebelumnya pada Desember 2013 membeli 10% saham  PT Bank Mayapada Internasional Tbk.

Alasan perusahaan ini membeli Bank Mutiara karena sektor perbankan di Indonesia diperkirakan akan tumbuh pesat dan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara.

"Melalui ini, kami ingin lebih berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi Indonesia dan memenuhi permintaan di bidang keuangan ritel daerah yang berkembang pesat seiring dengan peningkatan pendapatan per kapita masyarakat," kata J Trust Group dalam keterangan tertulisnya. (Yas/Ahm)

 

*Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini