Sukses

Di atas Prediksi, Over Kuota BBM Subsidi Tembus 1,6 Juta Kl

Konsumsi BBM Bersubsidi akan mengalami kelebihan kuota mencapai 1,62 juta kilo liter (kl) pada 2014 seiring pengendalian tak sesuai harapan.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) memperkirakan realisasi konsumsi bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi pada tahun ini akan mengalami kelebihan kuota hingga 1,62 juta kiloliter (kl). Angka ini melebihi prediksi sebelumnya yang dipatok 1,35 juta kl. 

Senior Vice Presiden Fuel Marketing and Distribution Pertamina, Suhartoko mengatakan, over kuota tersebut melebihi kuota Anggaran Pendapatan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2014 sebesar 46 juta kl.

"Sedangkan konsumsi BBM bersubsidi mencapai 30,884 juta kl sampai Agustus 2014," kata Suhartoko, Senior Vice President Fuel Marketing and Distribution Pertamina, di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (18/9/2014).

Suhartoko mengungkapkan, kelebihan kuota tersebut berasal dari premium bersubsidi mencapai 29,81 juta kl atau lebih besar 521 ribu hingga Desember 2014. Jumlah itu 1,8 persen di atas kuota 29,29 juta kl.

Konsumsi solar diperkirakan 16,24 juta kl, dengan konsumsi lebih besar 1,07 juta kl atau 7,1 persen di atas kuota 15,16 juta kl. Konsumsi minyak tanah mencapai 921 ribu atau lebih besar 21 ribu. Jumlah itu 2,4 persen di atas kuota 900 ribu kilo liter.

"Sementara hingga akhir 2014, konsumsi diperkirakan mencapai 46,97 juta kilo liter atau berlebih 1,62 juta kl," papar Suhartoko.

Menurut Suhartoko, penyebab tidak cukupnya BBM bersubsidi disebabkan oleh pengendalian konsumsi BBM subsidi dengan pengitiran tidak berjalan sesuai rencana.

Selain itu, pengendalian BBM bersubsidi sesuai aturan Badan Pengatur Kegiatan Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) seperti peniadaan premium bersubsidi di jalan tol dan solar bersubsidi di Jakarta Pusat juga tidak berjalan efektif.

"Tapi faktanya ketentuan premium tidak ada di jalan tol itu hanya  2-3 hari. Akan tetapi kembali normal. Efek balon pada akhirnya premium tidak ada dampak sama sekali, di sisi lain efektifitasnya tidak muncul," pungkasnya. (Pew/Ahm)

 

*Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pertamina merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bertugas mengelola pertambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.

    Pertamina

  • Konsumsi adalah suatu kegiatan yang bertujuan mengurangi atau menghabiskan daya guna suatu benda, baik berupa barang maupun jasa.

    konsumsi

  • BBM Bersubsidi

Video Terkini