Sukses

Upaya Pertamina Kendalikan BBM Bersubsidi

Pertamina bekerja sama dengan BRI menghadirkan fuel card sebagai pengembangan kartu survei manual dalam rangka pengendalian BBM Bersubsidi.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) meluncurkan Fuel Card  sebagai pengembangan dari Kartu Survei untuk mengendalikan BBM bersubsidi. Sistem ini telah sukses mengendalikan BBM bersubsidi jenis solar di wilayah Batam.

Direktur Pemasaran dan Niaga PT Pertamina, Hanung Budya mengungkapkan, Fuel Card merupakan pengembangan dari sistem pengendalian dengan menggunakan Kartu Survei.

Berdasarkan hasil evaluasi perusahaan, selama periode Maret hingga Juli 2014, penggunaan Kartu Survei tersebut telah membantu dalam penyaluran BBM bersubsidi sehingga tepat sasaran. Selain itu, volume juga wajar sehingga meminimalkan potensi penyalahgunaan BBM bersubsidi.

"Dengan melihat keberhasilan penerapan Kartu Survei tersebut, Pertamina hari ini bekerjasama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) menghadirkan Fuel Card yang merupakan pengembangan Kartu Survei manual  yang sudah berjalan di Kota Batam menjadi  alat pembayaran BBM bersubsidi secara non tunai yang lebih praktis ," kata Hanung, di Jakarta, Kamis (18/9/2014).

Menurut Hanung, Fuel Card dapat menjadi salah satu contoh model penerapan distribusi BBM bersubsidi secara tertutup. Dengan Fuel Card, data transaksi BBM bersubsidi terekam sehingga  dapat membantu pemerintah dalam upaya memonitor dan memastikan BBM bersubsidi tepat sasaran, karena terdapat batasan pembelian harian sesuai dengan peraturan yang ditetapkan pemerintah daerah.

"Fuel Card ini tidak dapat dipalsukan atau digandakan secara illegal sehingga satu kartu benar-benar hanya dapat digunakan untuk satu kendaraan," ungkapnya.

Peluncuran Fuel Card kerja sama antara Pertamina dan  Bank BRI merupakan kontribusi nyata kedua perusahaan untuk ikut mendorong penerapan Gerakan Non-Tunai yang selama ini telah dicanangkan oleh Bank Indonesia. (Pew/Ahm)

 

*Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.