Sukses

Jokowi-JK Terima Roadmap Penciptaan 3 Juta Lapangan Kerja

Pengusaha serahkan roadmap ekonomi kepada Jokowi-JK.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Terpilih Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Terpilih Jusuf Kalla (JK) menghadiri peluncuran road map perekonomian yang disusun Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO).

Nantinya roadmap tersebut akan diserahkan kepada Jokowi-JK sebagai bahan pertimbangan dalam menyusun rencana ekonomi selama masa pemerintahannya.

Roadmap perekonomian untuk periode 2014-2019 ini memfokuskan pada penciptaan 3 juta lapangan kerja berkualitas per tahun.

"Supaya kita bisa bersama-sama pemerinta membangun  mempersiapkan roadmap supaya kita bisa membantu juga bersama pemerintah membanfu ekonomi kita dengan perekonomian diatas 7 persen," ujar Ketua Umum APINDO Sofjan Wanandi di Ballroom Hotel Four Season, Kuningan Jakarta, Kamis (18/9/2014).

Selain soal 3 juta lapangan kerja, roadmap perekonomian ini juga menghasilkan rekomendasi kebijakan yang terukur dalam jangka waktu yang spesifik, yaitu 100 hari, 1 tahun dan 5 tahun yang meliputi lima sektor kebijakan antara lain pangan dan pertanian, energi, manufaktur, jasa dan finansial, dan kebijakan lintas sektor seperti kepastian hukum, otonomi daerah, reformasi birokrasi, kebijakan makro dan infrastruktur.

"Jadi kita juga mencari bidang lain yang kita anggap bisa mempercepat pertumbuhan itu," lanjutnya.

Pengusaha melihat setidaknya ada tiga tantangan yang harus dihadapi Indonesia ke depan. Pertama, pasar global yang masih lemah dan melambatnya pertumbuhan negara-negara berkembang di kawasan Asia, tertama China dan India.

Kedua, harga komoditas internasional yang akan tetap rendah secara permanen. Dan ketiga, berakhirnya era suku bunga rendah yang dipicu pengurangan stimulus Federal Reserve sehingga menarik modal dari negara-negara berkembang kembal ke Amerika Serikat (AS).

JK datang terlebih dahulu sekitar pukul 18.18 WIB, sedangkan Jokowi datang pukul 19.19 WIB. Turut hadir dalam launching tersebut Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Perdagangan dan Hubungan Internasional Chris Kanter, Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Infrastruktur Rachmat Gobel, dan kalangan pengusaha dari APINDO dan Kadin. (Dny/Nrm)

 

*Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.