Sukses

Di Negara Ini, Naik Pesawat Lebih Murah daripada Kereta

Dibandingkan negara dengan harga tiket pesawat termahal di Finlandia, biaya terbang di India hanya sepertiganya saja.

Liputan6.com, New Delhi - Ingin merasakan pengalaman terbang dengan biaya paling murah di dunia?. Tengok saja negara ini, India. Ya, India telah didapuk sebagai negara dengan biaya penerbangan termurah di dunia pasti bisa mewujudkannya.

Baru-baru ini, situs perjalanan global yang berbasis di Jerman, GoEuro menemukan India sebagai negara dengan tiket penerbangan termurah di seluruh dunia.

Menurut survei GoEuro, para penumpang di India dapat terbang jauh hanya dengan membayar US$ 10,25 atau Rp 123 ribu per 100 Kilometer (Kurs: Rp 12.004/US$).

Angka tersebut 50 persen lebih murah dibandingkan terbang di China yang sama-sama berlokasi di Asia. Dibandingkan negara dengan harga tiket pesawat termahal di Finlandia, biaya terbang di India hanya sepertiganya saja.

Apa penyebab harga tiket pesawat menjadi sangat murah di India? Berikut hasil penelusurannya seperti dikutip dari The Richest, India Today, Daily Mail dan sejumlah sumber lainnya, Jumat (19/9/2014):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Naik pesawat lebih murah daripada kereta

Bukan hal yang aneh jika India didapuk sebagai negara dengan biaya penerbangan termurah di dunia. Bayangkan saja, harga tiket pesawat di India bahkan lebih murah daripada biaya naik kereta.

Rata-rata perjalanan setiap 100 km menggunakan kereta menguras biaya sekitar US$ 11,31 atau Rp 135.500. Sedangkan biaya penerbangan untuk setiap jarak yang sama hanya membutuhkan uang US$ 10,25 atau Rp 123 ribu saja.

Data tersebut merupakan hasil survei GoEuro pada 51 negara d lima benua. Jika India merupakan negara dengan biaya penerbangan termurah di India, Finlandia menempati posisi termahal dalam survei tersebut.

3 dari 4 halaman

Ini alasan harga tiket pesawat di India murah

Lantas mengapa biaya perjalanan udara begitu murah di India?. Persaingan antar sejumlah maskapai yang menawarkan kursi pesawat dengan harga di bawah standar menjadi salah satu alasannya.

Hebatnya, sejumlah maskapai berani memasang harga penerbangan murah bahkan di tengah harga bahan bakar yang melonjak terbilang tinggi.

Biaya pengelolaan bandara yang cukup mahal bahkan tidak menghalangi sejumlah perusahaan penerbangan menekan harga tiket pesawat.

Beberapa bulan terakhir, persaingan guna memenangkan langit India bahkan semakin memanas. Terlebih lagi saat ini sejumlah maskapai penerbangan memasang tarif baru yang lebih murah seperti AirAsia Bhd, Tata Sons Ltd, dan Telestra Tradeplace Pvt.

4 dari 4 halaman

Penumpang pesawat India diprediksi capai 159 juta orang

Perang harga tiket pesawat murah antara maskapai India menjadi alasan utama rendahnya biaya perjalanan udara di negara tersebut. Pasalnya, sejumlah maskapai tengah bersaing memenangkan hati para penduduk kalangan menengah yang terus tumbuh di India.

Belum lagi, sebuah survei memprediksi jumlah penumpang pesawat domestik di India dapat mencapai 159 juta orang pada 2021.

Bahkan demi menggaet lebih banyak penumpang, maskapai India, Tata Sons tak segan-segan menggaet Singapore Airline untuk menyediakan penerbangan bernama Vistara tahun ini.

Saking murahnya harga tiket pesawat di India, situs penerbangan Air India bahkan sempat down karena diserbu para penumpang.

Layanan pemesanan yang dianggap lemah ini yang kemudian memungkinkan para penumpang membatalkan pemesanan atau beralih ke maskapai lain. (Sis/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini