Sukses

34 Kementerian di Kabinet Jokowi Terlalu Gemuk

Kabinet Jokowi Masih ada ruang untuk terus dirampingkan hingga belasan Kementerian saja.

Liputan6.com, Jakarta Presiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla telah menetapkan rancangan kabinet yang akan membantu pemerintahannya. Kabinet menteri Jokowi nantinya terdiri dari 34 kementerian.
 
Meski terjadi pemangkasan dari kabinet Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), namun arsitektur ini masih dianggap gemuk dan bagi-bagi kursi pemerintahan untuk partai politik pendukung.  
 
Ekonom sekaligus Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia, Christianto Wibisono mengaku pasrah dengan keputusan Jokowi yang telah membentuk 34 Kementerian. 
 
"Sudah ditetapkan seperti itu ya sudah, karena realitas politiknya begitu. Bagaimana saya bisa memaksakan, nggak mungkin juga," ungkap dia kepada wartawan usai Seminar Ikatan Perstatistikan Indonesia, Jakarta, Jumat (19/9/2014). 
 
Christianto menganggap, struktur Kabinet Jokowi itu tergolong gemuk. Masih ada ruang untuk terus dirampingkan hingga belasan Kementerian saja.
 
Dalam catatannya, negara sebesar Amerika Serikat hanya terdapat 15 Kementerian, lalu Jerman sebanyak 16 Kementerian dan Prancis 17 Kementerian. 
 
"Masih terlalu gemuk, sebab LAN saja berani menyebut 20, 24 dan 27 Kementerian tapi tetap maunya 34. Padahal AS cuma belasan Kementerian," ucapnya. 
 
Perampingan Kabinet Jokowi menjadi 34 kementerian tetap mempertimbangkan kepentingan partai politik pendukung.
 
"Partai yang ngantre kan banyak, kalau nggak dibagi (kursi) nggak akan didukung. Jika nggak didukung nggak bakal jadi Presiden. Jadi ini cuma mengakomodasi politik saja," cetus Christianto. (Fik/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini