Sukses

Perusahaan Swasta Minati Bangun Kilang di Indonesia

Perusahaan tersebut sudah siap secara keuangan, teknologi dan pasokan bahan baku minyak mentah untuk berbisnis kilang di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Susilo Siswoutomo mengaku ada pihak swasta yang berminat membangun kilang minyak di Indonesia.

Perusahaan tersebut ingin membangun kilang minyak berkapasitas 150 ribu barel di pulau Jawa. "150 ribu barel, tempat ada," kata dia di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (19/9/2014).

Menurut Susilo perusahaan tersebut sudah siap secara keuangan, teknologi dan pasokan bahan baku minyak mentah untuk berbisnis kilang di Indonesia. Kalau terwujud, kilang ini diperkirakan bisa beroperasi pada 2018.

"Invetasinya siap, tekno siap, crudnya scure go head.  Mereka cepat onstream 2018 minta dukungan pemerintah." tuturnya.

Nantinya jika kilang tersebut sudah beroperasi, produksi yang dihasilkan kilang minyak tersebut akan diserap dalam negeri. 

Jika kapasitas kilang Indonesia bertambah maka keuntungan untuk Indonesia adalah berkurangnya impor Bahan Bakar Minyak (BBM).

"Pemerintah akan menjadi pengambil, produksinya gasoline, solar sehingga mengurangi impor," pungkasnya. (Pew/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.