Sukses

Ingin Daulat Pangan, RI Diminta Contek China

Untuk mewujudkan kedaulatan pangan, China mengembangkan ekspansi lahan ke berbagai negara lain.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Terpilih Joko Widodo (Jokowi) diminta meniru cara China dalam mewujudkan kedaulatan pangan bagi seluruh rakyatnya.

‎Ketua Komite Tetap Kebijakan Public KADIN, Utama Kajo mengungkapkan cara tersebut adalah dengan mengembangkan lahan ke beberapa negara di dunia.

"Mereka itu punya di Filipina, Afrika, itu karena mereka tidak ingin cadangan devisanya sia-sia, dan lebih melakukan efisiensi anggaran pemerintah," katanya di Jakarta, Jumat (19/9/2014).

Keunggulan sistem ekspansi lahan ke beberapa negara ini akan menjadi keuntungan mengingat tidak terpengaruh musim yang sedang terjadi di negaranya.

"Misalnya di Tiongkok itu lagi musim kering, mereka masih bisa memproduksi beras karena di negara lain belum tentu musim yang sama," tegas dia.

Apa yang direncanakan Tiongkok tersebut dikatakan Kajo sudah direncanakan sejak 10 tahun silam, dan saat ini ‎negara Tirai Bambu itu masih terus melakukan ekspansi tersebut.

Kebutuhan lahan produktif itu dinilai penting mengingat setiap tahun, Indonesia selalu kehilangan sekitar 100 ribu lahan produktif menjadi gedung-gedung perkantoran dan perumahan untuk memenuhi pasokan pangan di negara ini. (Yas/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini