Sukses

Pilih Menteri ESDM, Jokowi Harus Lebih Hati-hati

Belajar dari kasus korupsi Jero Wacik, Jokowi diminta hati-hati dalam memilih Menteri ESDM.

Liputan6.com, Jakarta- Presiden terpilih Joko Widodo tampaknya ingin menepati janjinya untuk lebih banyak memasukkan kalangan profesional ke kabinetnya. Jokowi menyediakan 18 kursi untuk para profesional non partai.

Sejauh ini sudah 200 nama yang sedang dalam tahap seleksi Jokowi-JK bersama Tim Transisi. Termasuk di antaranya para CEO dan direktur perusahaan.

Meski cara ini cukup baik, Jokowi tetap harus menyeleksi dengan teliti nama-nama yang masuk dalam daftarnya kini. Belajar dari kasus korupsi Jero Wacik, Direktur Eksekutive Energy Watch, Ferdinand Hutahaean meminta Jokowi harus lebih cermat dalam memilih calon Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM). 

Jangan hanya melihat dari prestasi, tapi harus mencermati latar belakangnya. "Jangan hanya karena mencari sosok profesional dan non politik kemudian latar belakangnya tidak diperhitungkan," kata Ferdinand di Jakarta, Sabtu (20/9/2014).

Latar belakang dinilai penting dalam menentukan nama menteri profesional khususnya yang berasal dari perusahaan asing. Jangan sampai, saat menjabat nanti pola kapitalis asing yang bertentangan dengan Jokowi justru lebih dikedepankan.

"Walaupun dia memiliki prestasi sebagai CEO, tapi bisa saja skema kapitalis sudah melekat padanya. Ini tentu bertolak belakang dengan sistem ekonomi yang diusung Jokowi yakni, ekonomi kerakyatan," imbuh salah seorang relawan Jokowi-JK itu.

Di bidang migas, saat ini yang paling hangat adalah kebijakan menaikKan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi. Bisa saja, kata Ferdinand, sang menteri malah menaikkan dengan besaran yang cukup tinggi sehingga Pertamina sulit bersaing dengan produk asing.

"Jika itu terjadi, maka tidak butuh waktu lama ESDM dan Pertamina pasti hancur," tutup Ferdinand. (Ahmad Romadoni/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.