Sukses

Ini Kota Berkinerja Terbaik di Asia

Shenzhen terletak di Selatan China yang masuk ke adalam provinsi Guangdong dengan populasi mencapai 15 juta jiwa.

Liputan6.com, Jakarta - Shenzhen, sebuah kota di Chian menjadi kota dengan kinerja terbaik di Asia menurut sebuah indeks yang dikompilasi oleh sebuah perusahaan riset ekonomi kelas dunia, Milken Institute.

Dalam riset tersebut, Milken mengkolaburasikan jumlah penciptaan lapangan pekerjaan, penciptaan pendapatan dan nilai ekonomi industri di berbagai kota di Asia. Survei serupa pernah dilakukan di Amerika Serikat (AS) selama lebih dari satu dekade.

"Shenzhen, semula adalah kota modern yang menerapkan ekonomi khusus yang mempekerjakan puluhan ribu orang untuk memproduksi iPhone untuk Apple dan merakit beberapa komponen elektronik untuk beberapa perusahaan lainnya," jelas Kepala Penelitian Milken Institute, Ross Devol, seperti dikutip dari CNBC, Minggu (21/9/2014).

"Namun kemudian akhir-akhir ini kota tersebut mengalami pertumbuhan yang cepat dipicu oleh tingginya nilai tambah yang didapat dari kota tersebut," lanjutnya.

Shenzhen terletak di Selatan China yang masuk ke adalam provinsi Guangdong dengan populasi mencapai 15 juta jiwa.

Dari 10 besar kota berkinerja terbaik, 6 di antaranya merupakan kota di China. Kota-kota tersebut adalah Guangzhou, Chengdu, Tianjin, Beijing dan Shanghai.

Di luar itu, Delhi, India memempati peringkat ke lima dan Kuala Lumpur, Malaysia menempati posisi keenam. Singapura menempati posisi ke delapan dan Ho Chi Minh, Vietnam menempati peringkat ke sembilan. (Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini