Sukses

Ini Dia Pria yang Bikin Bill Gates Jadi Miliarder Terkaya Dunia

Siapa tak kenal dengan Bill Gates, miliarder terkaya dunia yang sangat populer. Tapi apakah Anda kenal siapa yang membuatnya jadi kaya raya?

Liputan6.com, New York - Siapa tak kenal dengan Bill Gates, miliarder terkaya dunia yang juga populer sebagai pendiri Microsoft. Tapi tahukah Anda siapa orang yang paling berjasa membantu Bill Gates hingga menjadi super kaya seperti sekarang?.

Mengutip laman Business Insider, Selasa (23/9/2014), Anda pasti belum pernah mendengar nama Michael Larson, pria yang selama puluhan tahun menjadi orang paling berjasa bagi Gates dalam mengumpulkan seluruh hartanya.

Gates merekrut Larson 20 tahun lalu saat jumlah kekayaannya masih berjumlah US$ 5 miliar saja. Kini, Bill Gates memiliki total harta yang melimpah luar biasa hingga mencapai US$ 81,6 miliar dan terus meningkat setiap tahunnya.

Larson menjalankan perusahaan investasi swasta milik Gates bernama Cascade Investment LLC yang seutuhnya didirikan pendiri Microsoft tersebut.

Pada saat mendirikan Cascade, sumber kekayaan Gates hanya berasal dari Microsoft. Tapi beberapa tahun kemudian, dia menjual sebagian besar sahamnya di Microsoft.

Meskipun Gates membuat investasinya sendiri di bidang teknologi, tapi Larson melalui Cascade merupakan pria yang mengelola seluruh harta Gates dan mendiversifikasikannya.

Gates kini memiliki sejumlah investasi yang tersebar di bidang properti hingga beberapa perusahaan non-teknologi seperti Canadian National Railway Co., AutoNation Inc., dan Republic Services Inc.

Seluruh investasi tersebut yang kemudian membantu Gates menemukan dana untuk aksi amalnya. Berkat Larson, Gates kini berhasil menjadi lebih kaya dalam waktu yang leih cepat bahkan dengan berbagai donasi yang digelontorkan sebesar US$ 38 miliar.

Hartanya meningkat hampir US$ 6 miliar hanya dalam waktu enam bulan sejak Maret 2014. Pada Februari tahun ini, Gates bahkan merayakan hubungan kerjasamanya dengan Larson yang telah berusia 20 tahun.

Dalam pesta tersebut, Gates memberitahu para tamu bahwa dirinya sangat mempercayai Larson. Artinya, pria tersebut menginvestasikan uang Gates, membeli dan menjual saham dengan kuasa penuh.

Saking besarnya jasa Larson pada Gates soal investasi, dia diberi gelar sebagai `Gateskeeper`. Larson dikenal memiliki sejumlah trik hebat untuk menjaga nama Bill Gates dan Cascade dalam sejumlah investasinya.

Dia juga memiliki trik bisnis hebat hingga banyak orang tak mengetahui bahwa Gates, melalui Cascade, memiliki saham di hotel mewah Four Seasons. Meski memiliki otoritas besar atas keuangan Gates, tapi dia tidak pernah boros dalam mengeluarkan harta bosnya.

Para pegawai Cascade yang diketahui sekitar 100 orang tidak diizinkan untuk menginap di Four Seasons dalam perjalanan bisnis. Bahkan jika bisnisnya mengenai Four Seasons, hal tersebut tetap tidak diperbolehkan.

Para pegawai tetap harus memilih penginapan yang harganya lebih murah. Begitulah, berkat bantuan Larson, Bill Gates akhirnya dapat menjadi miliarder terkaya dunia. (Sis/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Bill Gates merupakan seorang pebisnis yang sudah dikenal banyak orang di dunia.

    Bill Gates

  • Miliarder adalah seseorang yang memiliki kekayaan bersih setidaknya satu miliar (1.000.000.000 atau seribu juta) unit mata uang tertentu.

    Miliarder