Sukses

Ini Perusahaan yang Disebut Mampu Perbaiki Bisnisnya

Indonesia akan semakin diserbu perusahaan asing terutama setelah semakin terbukanya pasar Indonesia kepada negara-negara anggota ASEAN.

Liputan6.com, Jakarta - Perbaikan proses bisnis yang berkelanjutan atau Continuous Improvement (CI) dipandang penting dimiliki perusahaan untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Pengamat Ekonomi Faisal Basri mengatakan Indonesia akan semakin diserbu perusahaan asing terutama setelah semakin terbukanya pasar Indonesia kepada negara-negara anggota ASEAN. Industri dalam negeri diharapkan tidak kalah bersaing dalam menggarap potensi ekonomi Indonesia.

"Indonesia adalah salah satu tujuan investasi utama di dunia saat ini. Apa kita mau menjadi penonton saja?. Manfaat dari ini harus kita maksimalkan," kata Faisal pada sesi seminar pada Indonesia Operational Excellence Conference & Award 2014 (Opexcon14), Senin, (22/9/ 2014).

Dalam acara tersebut juga memberikan penganugerahan penghargaan Opexcon Award 2014. Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, Opexcon Award ini merupakan apresiasi bagi perusahaan-perusahaan Indonesia, baik swasta maupun BUMN, yang telah melaksanakan inisiatif perbaikan proses bisnis dengan hasil yang paling maksimal dan berkelanjutan.

“Operational Excellence sangat dibutuhkan oleh perusahaan untuk meningkatkan efisiensi dan kinerja perusahaan. Hal ini sangat menggembirakan. Artinya, dengan adanya perbaikan proses bisnis, perusahaan akan meningkatkan daya saing dan menekan produksi biaya tinggi,” tutur Direktur Opexcon kata Riyantono.

Kompetisi ini dibagi menjadi tiga kategori, yaitu Manufaktur, Jasa dan Pelayanan, serta Pertambangan dan Energi.

“Business Process Improvement belum menjadi bidang yang mendapatkan cukup perhatian di kalangan industri dan bisnis di Indonesia, padahal bidang tersebut sangat penting untuk memastikan pertumbuhan bisnis. Dengan Opexcon ini kami harap masyarakat industri dan bisnis dapat terdorong untuk lebih mengenal sisi tersebut,” papar, Direktur SSCX  Suwandi.

Perusahaan Swasta dan BUMN Raih Penghargaan Opexcon Award 2014 telah melalui proses penjurian yang ketat, tersisa total sembilan perusahaan BUMN dan swasta yang telah menjalankan proyek dengan hasil terbaik.

Perusahaan yang meraih penghargaan Gold Achievement, berurutan dari kategori Service, Mining & Energy serta Manufacturing diantaranya PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Bukit Makmur Mandiri Utama, dan PT Selamat Sempurna Tbk.

Sedangkan peraih Silver Achievement diantaranya, PT Bank Permata Tbk,  PT Cipta Kridatama (Site MSJ- Kaltim), dan PT Doulton.

Peraih Bronze Achievement diantaranya PT Daya Anugrah Mandiri, PT Pembangkitan Jawa Bali (Persero) - Unit Pembangkitan Muara Karang, dan PT. Chandra Asri Petrochemical Tbk.

Adapun 14 perusahaan yang menyisihkan 134 peserta lainnya dan lolos ke babak final meraih penghargaan Highly Commended Finalist,  adalah PT Bukit Muria Jaya, PT Dankos Farma Tbk, PT Phapros Tbk, PT. Abbott Indonesia, PT Freeport Indonesia, PT Kaltim Prima Coal, PT Padangbara Sukses Makmur, PT Petrosea, Tbk, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Tower Bersama, PT Marga Mandala Sakti, dan PT Daya Adicipta Mustika. (Dny/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini