Sukses

Pemda Batal Buka Lowongan CPNS karena Duit

Seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk beberapa pemerintah daerah tak berkaitan dengan masalah teknis.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah instansi pemerintah tercatat tak menerima pekerja baru tahun ini. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi-Birokrasi (MenPAN-RB) Azwar Abubakar menjelaskan batalnya seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk beberapa pemerintah daerah tak berkaitan dengan masalah teknis.

Mereka batal menggelar penerimaan CPNS baru karena persoalan anggaran. "Nggak ada anggarannya, jadi secara teknis nggak ada. Pokoknya nggak ada yang menolak secara teknis," kata dia Jakarta, Selasa (23/9/2014).

Meski begitu dia mengaku, seleksi CPNS tahun ini terbilang lebih baik. Hal itu karena sistem seleksi yang menggunakan sistem CAT dimana sistem pendaftaran ini terintegrasi  secara online untuk pertama kalinya.

"Ini pertama kali. Hari ini sudah 2,4 juta. Hari pertama sudah 10 ribu orang," terangnya.

Meski  demikian dia mengaku dari sistem ini tak terlepas dari masalah. Banyak pelamar CPNS yang tak lolos karena memilih lebih dari 1 pilihan, serta menggunakan email palsu. "Orang masuk daftar tapi alamat email palsu," tandas dia. (Amd/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini