Sukses

Kriteria Ideal Calon Menhub di Kabinet Jokowi

Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla kini tengah memilih para calon menteri yang akan membantunya menjalankan pemerintahan dalam sebuah kab

Liputan6.com, Jakarta Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla kini tengah memilih para calon menteri yang akan membantunya menjalankan pemerintahan dalam sebuah kabinet.

Ketua Umum DPP Organisasi Angkutan Darat (Organda) Eka Sari Lorena meminta pemerintahan mendatang untuk memilih menteri secara tepat, khususnya menteri perhubungan. Menurutnya jabatan menteri ini harus diisi oleh orang-orang yang memiliki banyak pengalaman pada bidang transportasi.

"Saya berharap menteri perhubungannya dipilih yang kuat akan pengetahuan soal industri ini, baik laut, darat dan udara," ujarnya di Graha CIMB Niaga, Jakarta, Rabu (24/9/2014).

Dia mengatakan, penting memilih menteri yang mempunyai jam terbang sebagai praktisi nyata karena dalam dunia transportasi, antara teori dengan keadaan di lapangan sangat berbeda.

"Apalagi dalam kementerian ini. Seperti kalau pada kepolisian satu garis komando semua mengacu ke Kapolri, tetapi kalau dishub-dishub (dinas perhubungan) diminta mendengarkan gubernur dan bukan menteri perhubungan," katanya.

Dengan demikian, lanjut Eka, kebijakan yang telah digariskan oleh pemerintah di tingkat pusat jarang diimplementasikan pada dishub yang berada pada tingkat daerah karena memiliki garis komando yang berbeda.

"PR-nya (pekerjaan rumah) cukup menantang, harus dari profesional, di negara-negara lain banyak dari pengusaha supaya mereka banyak dealing dengan goverment, tetapi proven. Apalagi kalau pengusaha tidak memikirkan parpol," tandasnya. (Dny/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini